Kompas TV nasional breaking news

Lapas Tangerang yang Terbakar Ternyata Sudah Melebihi Kapasitas

Kompas.tv - 8 September 2021, 09:15 WIB
lapas-tangerang-yang-terbakar-ternyata-sudah-melebihi-kapasitas
Kebakaran yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang, Banten sekitar pukul 02.00, Rabu (08/09/2021) pagi. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

TANGERANG, KOMPAS.TV - Lapas Kelas I Tangerang yang berlokasi di Jalan Veteran, Tangerang, Banten, kebakaran pagi ini (8/9/2021) sekitar pukul 02.00 WIB.

Humas Ditjen Lapas Kementerian Hukum dan HAM Rika Aprianti mengatakan, ada 8 warga binaan luka berat dirawat di RSUD Tangerang dan 31 orang luka ringan dirawat di klinik lapas. Sementara jumlah korban meniggal dunia masih terus didata.

Ia menyatakan sebenarnya lapas ini sangat melebihi kapasitas. Lalu menurutnya kapasitas Lapas Kelas 1 Tangerang mampu menampung sekitar 600 orang, dan jumlah narapidana (napi) yang berada di sana sudah melebihi angka itu.

Baca Juga: Kemenkumham: 1 Orang Napi Tewas adalah Napi Terorisme di Poso

"Memang sudah melebihi kapasitas. Tapi diantara blok satu dengan lainnya itu ada tempat untuk pertistiwa-peristiwa seperti ini," kata Rika kepada Kompas TV, Rabu (8/9).

Diberitakan sebelumnya saat ini, meski sudah padam, petugas masih terus memadamkan sisa-sisa api dari blok C. Sementara puluhan polisi berjaga di sekitar lapas.

Petugas segera mengevakuasi napi yang selamat ke tempat aman agar tidak melarikan diri. Polisi juga akan segera menyelidiki penyebab kebakaran. 

Dari 7 blok yang ada di Lapas Tangerang, hanya 1 blok yang terbakar karena lokasi kebakaran.

Baca Juga: Kebakaran Lapas Tangerang, Blok yang Terbakar Hanya Tersisa Atap

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.