Kompas TV internasional kompas dunia

Mahkamah Agung Meksiko Memutuskan Bahwa Aborsi Bukanlah Kejahatan

Kompas.tv - 8 September 2021, 09:38 WIB
mahkamah-agung-meksiko-memutuskan-bahwa-aborsi-bukanlah-kejahatan
Seorang perempuan membawa spanduk yang bertuliskan legal, aman dan aborsi yang bebas, dalam demonstrasi di Meksiko City, 28 September 2020. Pada 7 September 2021, pengadilan Meksiko memutuskan bahwa aborsi bukanlah tindak kejahatan. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

MEXICO CITY, KOMPAS.TV - Mahkamah Agung Meksiko memutuskan bahwa tidak konstitusional untuk menghukum aborsi, Selasa (7/9/2021).

Dengan suara bulat, mereka membatalkan beberapa ketentuan undang-undang dari Coahuila - sebuah negara bagian di perbatasan dengan Texas, Amerika Serikat (AS) - yang telah menjadikan aborsi sebagai tindakan kriminal.

"Mulai sekarang Anda tidak akan dapat, tanpa melanggar kriteria pengadilan dan konstitusi, menuntut wanita mana pun yang menggugurkan kandungan. Keadaan yang telah diputuskan pengadilan ini adalah sah," ujar Presiden Pengadilan Arturo Zaldivar.

Baca Juga: Banjir Menghantam Rumah Sakit di Meksiko, Sebanyak 16 Pasien Tewas

Keadaan yang dimaksud akan diklarifikasi ketika keputusan itu diterbitkan, namun semuanya mengacu pada praktik aborsi yang dilakukan dalam 12 minggu pertama kehamilan.

Periode aborsi ini diperbolehkan di empat negara bagian di Meksiko, dimana aborsi sudah dilegalkan.

Keputusan itu muncul satu minggu setelah undang-undang Texas mulai berlaku yang melarang aborsi, setelah profesional medis dapat mendeteksi aktivitas jantung pada janin.

Hal ini memungkinkan setiap warga negara untuk menuntut penyedia aborsi di Texas sebagai pelanggar hukum.

Selain itu, siapa saja yang membantu atau bersekongkol dengan seorang wanita untuk melakukan prosedur aborsi juga dianggap bersalah.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x