Kompas TV internasional kompas dunia

Siapa Mullah Hassan Akhund, Pemimpin Baru Pemerintah Sementara Afghanistan?

Kompas.tv - 8 September 2021, 06:53 WIB
siapa-mullah-hassan-akhund-pemimpin-baru-pemerintah-sementara-afghanistan
Mullah Mohammad Hassan Akhund, tokoh Taliban yang diangkat menjadi Perdana Menteri pemerintahan sementara Afghanistan (Sumber: BBC/Taliban)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

KABUL, KOMPAS.TV - Taliban baru saja mengumumkan susunan pemerintahan sementara di Afghanistan, dan resmi menyatakan negara itu sebagai 'Emirat Islam'.

Kabinet baru itu seluruhnya terdiri dari laki-laki tokoh-tokoh senior Taliban, beberapa di antaranya terkenal karena serangan terhadap pasukan Amerika Serikat  (AS) selama dua dekade terakhir.

Pemerintahan sementara Taliban akan dipimpin oleh Mullah Mohammad Hassan Akhund, salah satu pendiri gerakan Taliban dan ada dalam daftar hitam PBB.

Menteri Dalam Negeri adalah pemimpin kelompok Jaringan Haqqani yang jadi buronan FBI, Sirajuddin Haqqani.

Pengumuman penjabat kabinet merupakan langkah kunci dalam pembentukan pemerintahan permanen Taliban.

Seperti dilansir BBC, Selasa (7/9/2021), kepemimpinan baru Afghanistan akan menghadapi tantangan yang signifikan, tidak terkecuali menstabilkan ekonomi negara dan mendapatkan pengakuan internasional.

Mullah Mohammad Hassan Akhund adalah Penjabat Perdana Menteri Imarah Islam Afghanistan saat ini sejak 7 September 2021. 

Baca Juga: Taliban Umumkan Pemerintahan Sementara Afghanistan

Beberapa anggota kabinet pemerintahan sementara Afghanistan yang dipimpin Mullah Mohammad Hassan Akhund, yang dianggap sebagai jalan tengah diantara gesekan antara kelompok garis keras dan garis moderat Taliban (Sumber: India Times)

Siapa Mullah Mohammad Hassan Akhund?

Sebelum pengangkatannya, Mullah Akhund yang lahir di Kandahar pertama kali menjadi Menteri Luar Negeri dan kemudian Wakil Perdana Menteri selama pemerintahan Taliban tahun 1996-2001 serta merupakan kepala lama badan pembuat keputusan kuat kelompok itu Rehbari Shura (dewan kepemimpinan).

Pada konferensi pers di Kabul pada hari Selasa, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan salah satu pendiri Taliban Abdul Ghani Baradar akan menjadi wakil Mullah Akhund.



Sumber : Kompas TV/BBC/Al Jazeera/Sky News

BERITA LAINNYA



Close Ads x