Kompas TV nasional kesehatan

Satgas Covid-19 Sebut Tidak Ada Lagi Rumah Sakit dengan BOR di Atas 60 Persen

Kompas.tv - 7 September 2021, 20:23 WIB
satgas-covid-19-sebut-tidak-ada-lagi-rumah-sakit-dengan-bor-di-atas-60-persen
Ilustrasi: Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 menyatakan penurunan kasus positif harian di seluruh provinsi di Indonesia berkontribusi pada penurunan angka bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit. (Sumber: Dok. RSUI)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satuan tugas penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) menyatakan penurunan kasus positif harian di seluruh provinsi di Indonesia berkontribusi pada penurunan angka bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit.

Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito, per tanggal 5 September tidak ada provinsi yang memiliki BOR di atas 60 persen.

Bahkan, kata dia, angka BOR tertinggi di Indonesia hanya terjadi di Provinsi Aceh. Itupun dengan persentase 45,47 persen.

"Ini artinya keadaan darurat berupa lonjakan pasien Covid-19 telah berhasil kita lewati di semua provinsi di Indonesia," kata Wiku dalam konferensi pers daring, Selasa (7/9/2021) malam.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan soal angka kematian yang masih menunjukkan peningkatan.

Dari data yang dipaparkan Wiku, selama satu pekan terakhir rata-rata kematian berada di angka 563 orang per hari.

"Meskipun persentase angka kematian masih menunjukan peningkatan, namun untuk pertama kalinya setelah lonjakan kasus pada bulan Juni lalu. Selama satu minggu kemarin di Indonesia berada di bawah 1.000 kematian per hari dengan rata rata 563 kematian per hari," jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya masih tetap teguh dan tegas untuk menihilkan kematian akibat Covid-19 di Indonesia.

"Satu kematian saja terbilang nyawa, tidak bisa dibiarkan. Tujuan kita adalah untuk menihilkan kematian jadi tidak ada sama sekali," tegasnya.

Secara umum, kata Wiku, saat ini Indonesia mengalami perbaikan positif dalam hal pandemi Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x