Kompas TV video sinau

Tips Mengatur Waktu Tidur Siang yang Efektif untuk Kesehatan Tubuh

Kompas.tv - 7 September 2021, 17:29 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Beberapa orang ada yang butuh tidur siang, untuk memulihkan tenaga, dan siap untuk beraktivitas kembali. Tidak sedikit juga justru tidak bisa tidur siang, karena jika tidur siang akan sulit tidur di malam hari.

Sebenarnya jika memang merasa lelah, kita hanya butuh tidur siang selama 20 menit. Bisa dilakukan saat jeda istirahat jam makan siang. Sebab jika tidur siang terlalu lama, justru akan membuat tubuh lelah dan mengacaukan pola tidur serta menimbulkan gangguan kesehatan.

Kita bisa menyalakan alarm untuk persiapan tidur siang di sela jam istirahat kerja, jangan lupa hindari konsumsi kafein agar bisa tidur siang. Dianjurkan para ahli, untuk tidur siang di jam 2-3 siang. kemudian buat perencanaan dan persiapan jadwal tidur, lalu laksanakan dengan teratur. Ingat, tidur hanya selama 20 menit sudah cukup, jangan terlalu lama. 

Manfaat tidur siang yakni, meningkatkan konsentrasi, memperbaiki suasana hati, menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya ingat, menambah jam tidur, melancarkan sirkulasi darah. 

Perlu diwaspadai jika merasa sulit tidur dan mulai mengganggu kesehatan, silakan periksa ke dokter dan konsultasikan hal tersebut. 

Baca Juga: Teknik Jatuh dari Sepeda Motor, Tips Berkendara yang Perlu Diketahui

https://www.kompas.tv/article/206525/teknik-jatuh-dari-sepeda-motor-tips-berkendara-yang-perlu-diketahui 

Grafis: Agus Eko Apriyanto

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x