Kompas TV bisnis kebijakan

Wamendag Nilai Perlindungan Data Pribadi Jadi Tantangan bagi Pelaku Usaha Online

Kompas.tv - 7 September 2021, 17:51 WIB
wamendag-nilai-perlindungan-data-pribadi-jadi-tantangan-bagi-pelaku-usaha-online
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menjadi narasumber pada Digital Week 2021 secara virtual, Selasa (7/9/2021). Acara tersebut diselenggarakan oleh Center for Indonesian Policy Studies (CIPS). (Sumber: Kementerian Perdagangan)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah terus mendukung tumbuhnya pelaku usaha e-commerce lewat berbagai cara. Salah satunya perlindungan data pribadi.

Masalah perlindungan data pribadi kembali menjadi sorotan menyusul beredarnya sertifikat vaksin Presiden Joko Widodo yang juga mencantumkan nomor induk kependudukan (NIK) di media sosial.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengakui perlindungan data pribadi menjadi komponen penting dalam mendorong pelaku usaha e-commerce yang nantinya berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

“Perlindungan data pribadi menjadi semakin mendesak karena keberadaannya merupakan jaminan bagi hak dasar warga negara,” ujarnya dalam acara Digital Week 2021 yang disiarkan secara visual, Selasa (7/9/2021), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Simak Tips Terhindar dari Kejahatan Siber "Phising" yang Bisa Curi Data Pribadi

Jerry mengatakan pemerintah terus mendukung tumbuhnya pelaku usaha e-commerce melalui berbagai cara.

Seperti bantuan pembiayaan, pelatihan, mendorong transformasi digital serta memaksimalkan upaya perlindungan data pribadi untuk menciptakan rasa aman bagi konsumen.

Ia menambahkan terdapat beberapa tantangan dalam penegakan perlindungan data pribadi pada ekonomi digital.

Pertama, belum adanya klasifikasi yang jelas mengenai data pribadi. Menurutnya, dibutuhkan batasan dan pengaturan jelas tentang data pribadi untuk menciptakan kepastian hukum.

Baca Juga: Pastikan Keamanan Data Pribadi dengan Mengikuti 4 Tips Berikut Ini



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.