Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Asperindo Sambut Baik Regulasi Perlindungan Kurir, Shopee Tampik Disebut Semena-mena pada Kurir

Selasa, 7 September 2021 | 15:52 WIB
asperindo-sambut-baik-regulasi-perlindungan-kurir-shopee-tampik-disebut-semena-mena-pada-kurir
Ilustrasi profesi kurir e-commerce pengantar barang (Sumber: kompasiana.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress, Pos, Logistik Indonesia (Asperindo) menyambut baik langkah Kementerian Ketenagakerjaan untuk membuat regulasi terkait perlindungan terhadap kurir.   

Asosiasi tempat bernaungnya perusahaan ekspedisi ini mengaku selalu memperlakukan kurir sebagai aset yang harus diperhatikan kesejahteraannya. Asperindo menuding, banyak perusahaan di luar mereka yang melakukan praktik kurir tidak semestinya. Salah satunya yang dilakukan perusahaan-perusahaan e-commerce yang memiliki kurir sendiri dengan sistem freelance.

"Setahu saya, regulasi yang disiapkan itu bakal fokus membidik perusahaan-perusahaan e-commerce yang selama ini banyak memakai tenaga kurir freelance," ujar Sekretaris Jenderal Asperindo Trian Yuserma, seperti dikutip dari Kontan.co.id, Selasa (7/9/2021).

Perusahaan logisitik yang minim menggunakan cloud source atau tenaga freelance, menurutnya, tidak akan terlalu terganggu karena telah menerapkan regulasi yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga: Regulasi Kurir Ekspedisi Tengah Digodok, Kemnaker Janji Hak dan Keselamatan Kerja Bakal Diatur

Diakuinya, masih ada anggota Asperindo menerapkan praktik kurir freelance. Namun, sistem freelance tersebut tetap memperhatikan keuntungan kedua pihak, baik bagi perusahaan maupun kurir.

Jika insentifnya tidak menarik, tentu kurir tidak mau bergabung. Sekalipun terpaksa, Trian menegaskan bahwa menggunakan cloud source juga tetap ada hitam di atas putih.

Ia juga menginginkan semua pelaku e-commerce yang memiliki jasa pengiriman mengurus perizinan layaknya perusahaan ekspedisi. Dengan demikian, bentuk dan model bisnis pengiriman yang dijalankan masing-masing e-commerce bisa setara dengan perusahan jasa ekspedisi, sehingga ada kesetaraan aturan main yang sama.

Sementara itu, sebagai salah satu e-commerce yang menyediakan jasa pengiriman sendiri, Shopee menolak bila disebut berlaku semena-mena terhadap mitra kurir.  Executive Director Shopee Indonesia, Handhika Jahja menyebut, insentif untuk mitra pengemudi Shopee Express sangat kompetitif di industri jasa logistik. 

Ia pun menyebut Shopee menyediakan perlindungan asuransi bagi para mitra pengemudi, sehingga lingkungan kerja yang aman dan produktif bisa tercipta.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/Kontan.co.id



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

BNNP Bengkulu Bekuk Bandar Narkoba

Senin, 6 Desember 2021 | 19:11 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:15
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19