Kompas TV regional peristiwa

Objek Wisata Dieng Bakal Kembali Dibuka 10 September 2021, Sertifikat Vaksin Jadi Syarat

Kompas.tv - 7 September 2021, 13:27 WIB
objek-wisata-dieng-bakal-kembali-dibuka-10-september-2021-sertifikat-vaksin-jadi-syarat
Kompleks Candi Arjuna, Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Sumber: TRIBUNNEWS.COM/SRI JULIATI )
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

BANJARNEGARA, KOMPASTV -  Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mengungkapkan akan membuka kembali sejumlah tempat wisata di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto menuturkan bahwa  objek wisata Dieng siap dibuka mulai Jumat (10/9/2021).

"Insyaallah tanggal 10 September 2021 ini (objek wisata Dieng dibuka)," kata Agung seperti yang dikutip dari ANTARA, Selasa (7/9/2021). 

Tentunya pembukaan tempat wisata yang dilakukan secara bertahap ini, kata dia, akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai yang diatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Kami akan buka secara bertahap dengan protokol kesehatan yang ketat dan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi," ujarnya.

Selain itu,  Agung  juga menyebut bahwa sertifikat vaksin Covid-19 akan diberlakukan sebagai syarat bagi pengunjung yang akan masuk dalam objek wisata tersebut.

Sementara itu, jelang pembukaan objek wisata Dieng, Agung menuturkan pihaknya telah memulai melakukan sosialisasi kepada seluruh pihak terkait dengan persyaratan baru tersebut.

Lebih lanjut, Agung menambahkan seluruh pihak diharapkan bisa menyesuaikan dengan regulasi-regulasi yang ada dan dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini.

Baca Juga: Kawasan Bromo Dibuka Secara Bertahap dan Terbatas, Wisatawan Hanya Bisa Masuk Lewat Pasuruan

Pada kesempatan itu, dia juga memaparkan bahwa beberapa hari yang lalu pihaknya telah melakukan simulasi pembukaan destinasi wisata.

Adapun maksud dan tujuan mengadakan simulasi, lanjut dia, sebagai bagian dari upaya untuk mempersiapkan ketika pada saatnya objek wisata dibuka maka pengelola maupun pihak terkait lainnya seperti biro perjalanan dan lain sebagainya sudah siap.

Uji coba secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan itu dilakukan di Komplek Candi Arjuna dan Kawah Sikidang.

Sebagai informasi, sebelumnya, kawasan Wisata Dieng masih ditutup untuk sementara waktu karena Kabupaten Banjarnegara masih dalam kategori PPKM Level 3.

Namun menurut data wilayah PPKM terbaru, destinasi wisata ini kini sudah memasuki PPKM Level 2, sebab itu Kabupaten Banjarnegara sudah bisa membuka tempat wisata.

"Sepanjang pelaksanaan PPKM kami akan terus berupaya untuk mematuhi kebijakan khususnya terkait sektor pariwisata. Hal itu sebagai bentuk komitmen untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah ini," tegasnya.

Baca Juga: Dua Kampung Wisata di Papua Terima Bantuan dari Kementerian PUPR, 50 RTLH Bakal Dibedah



Sumber : Kompas TV/ANTARA

BERITA LAINNYA



Close Ads x