Kompas TV nasional berita utama

Presiden Jokowi Beberkan Pembangunan 17 Bendungan Rampung pada 2021, Ini Daftarnya

Kompas.tv - 7 September 2021, 13:31 WIB
presiden-jokowi-beberkan-pembangunan-17-bendungan-rampung-pada-2021-ini-daftarnya
Presiden Jokowi saat peresmian Bendungan Bendo di Dusun Bendo, Selasa (7/9/2021). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengatakan, ada 17 bendungan yang pengerjaannya telah dan akan selesai di tahun 2021.

Keterangan itu, disampaikan Presiden Jokowi saat peresmian Bendungan Bendo di Dusun Bendo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021).

“Pertama itu Bendungan Tukul di Pacitan Jawa Timur, telah diresmikan di Februari. Kemudian Bendungan Tapin, Kalimantan Selatan, sudah diresmikan di bulan Februari yang lalu. Kemudian yang ketiga Bendungan Napung Gete ini di NTT sudah diresmikan di Februari,” jelas Presiden Jokowi.

“Yang keempat Bedungan Sindang Heula di Banten, yang diresmikan di bulan Maret dan kelima Bendungan Kuningan yang baru saja kita resmikan di 31 Agustus, dan Bendungan Way Sekampung di Lampung yang awal September kemarin juga sudah kita resmikan. Dan sekarang Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur.”

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bendungan Bendo yang Dibangun dengan Biaya Rp 1,1 Triliun

Selanjutnya, Presiden Jokowi menuturkan juga akan meresmikan Bendungan Paselloreng di Sulawesi pada minggu ini.

“Kemudian yang kita harapkan juga selesai Bendungan Karaloe nanti bulan Oktober, Bendungan Ladongi bulan Oktober, Bendungan Bintang Bano nanti bulan Oktober,” katanya.

“Kemudian Bendungan Ciawi bulan November ini di Jawa Barat, Bendungan Sukamahi ini juga di Jawa Barat bulan November, Bendungan Tugu, Bendungan Gongseng di bulan Desember, Bandungan Pidekso di Bulan Desember dan Bendungan Marga Tiga di bulan Desember 2021.”

Dalam pernyataaan, Presiden Jokowi berharap dengan terbangunnya 17 bendungan tersebut produktivitas di bidang pertanian semakin meningkat.

“Kita harapkan itu akan meningkatkan produktivitas dari para petani-petani kita,” ucapnya.

Baca Juga: Beredar Foto 5 Intel Polda Lampung Rekayasa Demonstrasi Saat Kunjungan Jokowi, Ini Penjelasan Polisi

Seperti hal Bendungan Bendo yang diresmikan hari ini, memiliki kapasitas 43 juta M3 dengan luas genangan 170 hektar serta tinggi bendungan 74 meter.

“Ini akan menyediakan irigasi untuk 7.800 hektar sawah dan juga untuk pasokan air baku 370 liter per detik,” ujar Presiden Jokowi.

“Serta bisa mengurangi banjir, mereduksi banjir 31 persen atau sebesar 117,4 meter kubik per detik.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x