Kompas TV regional berita daerah

Perjuangan Polwan Beri Vaksinasi Warga Desa Terpencil

Kompas.tv - 7 September 2021, 13:16 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Polisi Wanita Polres Kendal, Jawa Tengah, membuat gebrakan dengan sistem jemput bola mendatangi rumah lansia di pelosok desa untuk divaksin dan diberi bantuan. Dengan menggunakan motor trail, Polwan Polres Kendal ini menyusuri jalan setapak yang sulit dilalui dengan kendaraan besar.

Dengan menggunakan motor trail, personel Polwan Polres Kendal, Jawa Tengah, ini berangkat dari Polres Kendal menuju Desa Putatgede, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal. Menyusuri jalan kampung yang sempit, Polwan Polres Kendal ini melakukan vaksinasi warga lanjut usia dengan mendatangi dari rumah ke rumah.

Dengan sistem door to door ini, polwan mendatangi langsung para lansia yang membutuhkan bantuan vaksinasi sehingga tidak perlu keluar rumah namun tetap mendapatkan jatah vaksinasi.

Salah satu Polwan Polres Kendal, Ipda Suwarti mengungkapkan, kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk membantu lansia yang mempunyai keterbatasan, tidak bisa mendapatkan vaksin di sentra vaksin atau balai desa.

"Polwan Polres Kendal melaksanakan patroli dan melaksanakan vaksinasi ke rumah-rumah warga yang berhalangan hadir atau yang butuh bantuan khusus. Maka dari itu, perintah dari bapak Kapolres Kendal melalui Polwan agar melaksanakan patroli dan vaksinasi door to door," tutur Ipda Suwarti.

Sementara itu bagi warga, kedatangan polwan yang memberikan vaksin kepada lansia ini membantu mereka yang tidak memungkinkan datang ke sentra vaksin. Mereka mengaku senang karena harapan mendapatkan vaksin akhirnya terwujud.

"Belum sempat divaksin. Rasanya senang, bahagia," ujar Kamah, warga.

Dari data Desa Putatgede, dari 2.223 warga yang terdata baru sekitar 15 persen atau 280 orang yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19. Sementara untuk skala Kabupaten Kendal, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kendal angka vaksinasi Covid-19 saat ini baru mencapai 281 ribu orang atau baru 25 persen dari total penduduk Kendal sebanyak 1 jutaan orang.

#vaksinasidoortodoor #kabupatenkendal #polwanpolreskendal



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x