Kompas TV regional berita daerah

Nakes di Kendal Mulai Disuntik Dosis Ketiga

Kompas.tv - 7 September 2021, 13:08 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Sejumlah rumah sakit di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, mulai melakukan vaksinasi booster atau dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan. Vaksinasi booster jenis moderna ini diyakini mampu semakin melindungi daya tahan tubuh atau imunitas nakes, sebagai garda terdepan penanganan pasien Covid-19.

Salah satu rumah sakit yang melakukan vaksinasi ketiga untuk para tenaga kesehatan adalah Rumah Sakit Baitul Hikmah, Kendal. Sebanyak 400 nakes dan pembantu pelayanan akan mendapatkan suntikan vaksinasi.

Vaksinasi booster jenis moderna atau disebut juga vaksinasi tahap ketiga merupakan upaya untuk melindungi para nakes yang sehari-hari dihadapkan dengan risiko tinggi penularan Covid-19. Vaksinasi booster jenis moderna ini diharapkan mampu melindungi daya tahan tubuh atau imunitas nakes sebagai garda terdepan penanganan pasien Covid-19.

Salah seorang penerima vaksin dokter gigi, Rifki Falah, mengaku senang mendapatkan kesempatan vaksin Covid-19 dosis ketiga. Menurutnya vaksin booster berperan sangat penting untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 dalam pelayanannya, karena kontak langsung dengan mulut pasien.

"Saya senang sekali, vaksin booster yang ketiga atau moderna ini tidak semua orang dapat ya tapi khusus untuk nakes. Alhamdulillah saya sudah dapat, insya Allah semoga yang lain juga dapat menerima vaksin moderna ini terutama dokter gigi. Karena dokter gigi itu langsung ke mulut pasien, jadi mau nggak mau harus bertatap muka," kata Rifqi Falah.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Baitul Hikmah Kendal, Lukman Hakim mengatakan, guna mengantisipasi para tenaga kesehatan mengalami reaksi dari vaksinasi atau yang disebut juga dengan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Pihaknya menyiapkan tempat tidur di lokasi observasi, tabung oksigen, dan paracetamol yang diberikan kepada para tenaga kesehatan setelah menerima vaksinasi booster.

"Pelaksanaan vaksinasi booster ini terutama untuk teman-teman nakes insyaAllah menjadi lebih terproteksi dari paparan virus Covid-19 utamanya seperti itu. Yang kedua, jadi pasien yang nantinya datang ke Rumah Sakit Baitul Hikmah akan merasa lebih aman karena teman-teman nakes semua sudah divaksin," tutur Lukman Hakim.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Kendal, telah menerima sebanyak 2.800 vaksin jenis moderna, bagi para tenaga kesehatan dan telah didistribusikan ke 30 puskesmas dan rumah sakit se-Kabupaten Kendal.

#vaksinbooster #rumahsakitbaitulhikmah #vaksinmoderna



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x