Kompas TV nasional peristiwa

Cegah Corona Varian MU, Kemenhub Akan Perketat Akses Bandara dan Pelabuhan Internasional

Kompas.tv - 7 September 2021, 12:13 WIB
cegah-corona-varian-mu-kemenhub-akan-perketat-akses-bandara-dan-pelabuhan-internasional
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Sumber: Dok. Kemenhub RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku akan segera menyiapkan langkah-langkah untuk mencegah varian baru Covid-19 yakni Mu masuk ke Tanah Air. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut salah satunya yakni perlu dilakukan pengendalian transportasi di simpul-simpul transportasi yang melayani rute-rute internasional, yakni di bandara internasional maupun pelabuhan internasional.

“Sesuai arahan bapak Presiden RI Joko Widodo yang memerintahkan kepada kami untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 ke Indonesia, kami segera menyiapkan langkah-langkah untuk mengantispasinya,” kata Budi dalam keterangan resminya, Selasa (7/9/2021).

Budi mengaku telah meminta jajarannya untuk melakukan konsolidasi internal dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. 

Adapun yang dimaksud yakni Kementerial Luar Negeri (Kemenlu), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes, Satgas Penanganan Covid-19, Ditjen Imigrasi, dan pihak terkait lainnya.

“Kami segera menggelar pertemuan untuk berkoodinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti dengan Kemenlu, KKP, Satgas Penanganan Covid-19, dan Ditjen Imigrasi, untuk menentukan langkah-langkah pengendalian yang diperlukan, dalam rangka mencegah masuknya varian baru Covid-19,” ucapnya.

Baca Juga: Wamenkes: Covid-19 Varian Mu Belum Terdeteksi di Indonesia

Selanjutnya Budi mengungkapkan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri untuk melakukan penjagaan. 

Tak hanya itu, dia pun meminta pendapat para ahli epidemiologi, dan mencari informasi tentang pengalaman negara lain terkait varian baru Covid-19 ini.

Operator sarana dan prasarana transportasi juga diminta agar tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan serta meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya varian baru Covid-19.

Diberitakan sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengimbau para menteri terkait, khususnya Menteri Perhubungan untuk memperhatikan secara detail dan terus waspada terhadap varian baru, varian Mu.

Jokowi meminta Budi Karya Sumadi untuk membantu mencegah masuknya varian baru tersebut ke Tanah Air.

Hal ini disampaikan Jokowi pada Rapat Evaluasi PPKM yang digelar secara virtual, Senin (6/9/2021).

“Jangan sampai ini merusak capaian yang sudah kita lakukan,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Minta Menhub Waspadai Covid-19 Varian Mu: Jangan Sampai Merusak Capaian Kita..



Sumber : Kompas TV/Laman Kementerian Perhubungan RI

BERITA LAINNYA



Close Ads x