Kompas TV nasional berita utama

Wapres Ma'ruf Amin Ajak Seluruh Tokoh Agama Berperan Menuju Level Endemi Covid-19

Selasa, 7 September 2021 | 11:14 WIB
wapres-ma-ruf-amin-ajak-seluruh-tokoh-agama-berperan-menuju-level-endemi-covid-19
Tangkapan layar khotbah Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dalam Takbir Akbar Hari Raya Idul Adha 1442 H, Senin (19/7/2021). (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mendorong seluruh tokoh agama di Indonesia ikut berperan dalam upaya pemerintah menuju level endemi Covid-19.

Pernyataan itu disampaikan Wapres Ma’ruf saat membuka Dialog Nasional Lintas Agama Badan Pengelola Masjid Istiqlal secara virtual dari kediamannya seperti dikutip dari Antara, Selasa, (7/9/2021).

“Para tokoh agama memiliki peran penting dalam menyongsong era pascapandemi,” ujar Ma’ruf Amin.

“Yaitu untuk menjaga, memberikan motivasi, dan membangkitkan semangat umat baik dari sisi keagamaan, sosial, ekonomi, dan tetap menjaga keharmonisan dalam masyarakat.”

Baca Juga: Wamenkes Sebut Kondisi Covid-19 di Indonesia Lebih Baik Dibanding Negara Tetangga

Dalam keterangannya, Wapres memahami para tokoh agama menemukan tantangan tersendiri terhadap berbagai disrupsi akibat pandemi Covid-19. Apalagi, hampir dua tahun pandemi telah menimbulkan dampak sosial dan ekonomi yang signifikan di berbagai aspek kehidupan masyarakat.

“Dalam masa pandemi, tantangan utama yang dihadapi terutama dalam menanamkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan, mematuhi protokol, dan mengikuti vaksinasi sebagai suatu ikhtiar lahiriah yang sifatnya wajib," ujarnya.

Kendati demikian, Wapres Ma’ruf mengajak seluruh tokoh dan pemuka agama untuk bisa membangkitkan semangat. Mengejar ketertinggalan hingga menyiapkan pola hidup di era endemi.

Baca Juga: Kasus Turun, Jokowi Ingatkan Masyarakat Tak Euforia Berlebihan: Covid-19 Tak Mungkin Hilang Total!

“Termasuk untuk mengejar ketertinggalan yang terjadi akibat COVID-19, sekaligus mulai menyiapkan pola hidup era endemi yang Insya Allah akan segera kita jelang bersama," katanya.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


AIMAN

Relawan Capres Bermunculan - AIMAN

Selasa, 26 Oktober 2021 | 18:21 WIB
AIMAN

3 Gubernur Calon Presiden? - AIMAN

Selasa, 26 Oktober 2021 | 18:20 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:40
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19