Kompas TV nasional kesehatan

Tujuh Manfaat Buah Apel, dari Meningkatkan Imun Tubuh Hingga Mencegah Kanker

Kompas.tv - 7 September 2021, 08:09 WIB
tujuh-manfaat-buah-apel-dari-meningkatkan-imun-tubuh-hingga-mencegah-kanker
Buah apel mengandung banyak manfaat, termasuk meningkatkan imunitas tubuh. (Sumber: Kompas.tv/Tussie Ayu)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, memperhatikan asupan makanan sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Salah satu buah yang dapat Anda pertimbangkan untuk dikonsumsi setiap hari adalah apel, karena ternyata buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut tujuh manfaat mengkonsumsi apel seperti dikutip dari situs kesehatan everydayhealth.com:

1. Menurunkan Kolesterol Tinggi dan Tekanan Darah

Seorang pakar diet dan nutrisi dari Boston, Amerika Serikat, Sarah Gold Anzlovar menyatakan bahwa apel mengandung antioksidan yang sedikit berbeda tiap jenisnya. Tapi kita dapat memilih jenis apel apa saja yang paling kita sukai.

"Penelitian telah menemukan adanya hubungan antara konsumsi apel dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, yang mungkin terkait dengan manfaatnya untuk menurunkan kolesterol dari serat larut yang ditemukan dalam apel," kata Anzlovar.

Menurut University of Illinois, serat larut membantu mencegah penumpukan kolesterol di lapisan dinding pembuluh darah, sehingga menurunkan kejadian aterosklerosis (pembatasan aliran darah di arteri akibat penumpukan plak) dan penyakit jantung.

Ini juga dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Sebuah studi menemukan bahwa asupan serat larut yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Penelitian menunjukkan bahwa makan apel (atau pir) secara teratur dikaitkan dengan risiko menurunkan risiko stroke hingga 52 persen lebih rendah.

Selanjutnya, sebuah penelitian yang diterbitkan pada Februari 2020 di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa makan dua apel sehari membantu peserta penelitian menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida LDL  mereka.

Baca Juga: Apel Berubah Warna Jadi Kecokelatan Setelah Diiris, Aman Dimakan?

2. Apel Baik Untuk Pencernaan

Menurut Harvard Health Publishing, kedua jenis serat (larut dan tidak larut, yang berarti tidak dapat diserap dalam air) penting untuk pencernaan.

Dan apel memiliki kedua jenis tersebut, menurut University of Illinois.

Serat larut membantu memperlambat pencernaan, membuat Anda merasa kenyang, dan juga memperlambat pencernaan glukosa, yang membantu mengontrol gula darah Anda.

Sementara itu, serat tidak larut dapat membantu memindahkan makanan melalui sistem Anda dan membantu mengatasi sembelit, menurut Harvard.

Pastikan untuk memakan kulit apel yang mengandung banyak serat tidak larut dalam apel, menurut University of Illinois.

3. Apel Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di masa pandemi Covid-19, kita semua ingin meningkatkan daya tahan tubuh. Apel mungkin menjadi salah satu buah yang penting untuk mendukung kekebalan tubuh kita.

Menurut penelitian pada hewan, diet yang mengandung serat larut membantu mengubah sel-sel kekebalan yang pro-inflamasi menjadi anti-inflamasi dan mendukung kekebalan.

Studi hewan lain, yang diterbitkan pada Mei 2018 di jurnal Immunity, menemukan bahwa diet tinggi serat makanan melindungi tikus dari flu. Apakah efek tersebut akan terlihat pada manusia tidak jelas sampai ada penelitian lebih lanjut.



Sumber : Kompas TV/Berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x