Kompas TV nasional politik

Minta Masyarakat Tidak Lengah, Presiden Jokowi: Varian Delta Covid-19 Selalu Mengintip Kita

Kompas.tv - 6 September 2021, 23:05 WIB
minta-masyarakat-tidak-lengah-presiden-jokowi-varian-delta-covid-19-selalu-mengintip-kita
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengumumkan perpanjangan PPKM di sejumlah daerah yang kini turun level, Senin (23/8/2021). (Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat dan jajaran pemerintah untuk tidak lengah pada Covid-19, meski ada penyesuaian dalam aturan PPKM level.

Imbauan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas terkait evaluasi penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (6/9/2021).

“Masyarakat harus sadar bahwa Covid-19 selalu mengintip. Varian Delta selalu mengintip kita. Begitu lengah, bisa naik lagi (kasus Covid-19),” kata Presiden Jokowi.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta jajaran kabinet untuk membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat untuk menghindari euforia berlebih terkait pandemi Covid-19. 

Baca Juga: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang sampai 13 September, Ada Penyesuaian Aturan

Ia menekankan bahwa virus ini bisa dikendalikan, tetapi tidak mungkin hilang sepenuhnya.

Senada dengan itu, Koordinator PPKM Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

“Capaian hari ini bukan bentuk euforia yang mesti dirayakan. Kelengahan sekecil apa pun yang akan kita lakukan ujungnya akan terjadi peningkatan kasus pada beberapa minggu ke depan,” kata Luhut.

Meski begitu, Jokowi mengakui bahwa kasus harian Covid-19 selama tiga hari terakhir mengalami penurunan. 

Tak hanya kasus harian, angka keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) secara nasional juga turun ke angka 20 persen.

Presiden Jokowi ingin agar perkembangan baik ini terus berlanjut. Ia meminta jajarannya untuk rutin melakukan evaluasi menyeluruh berhubungan penanganan kasus Covid-19 di daerah.

Karena itu, ia ingin kasus Covid-19 dapat segera ditangani dan penyebaran kasus dapat terus ditekan.

“Ini kalau kita terus lakukan pekerjaan-pekerjaan kita secara konsisten, saya yakin insyaallah di akhir September kita sudah akan berada di angka di bawah 100 ribu (kasus),” beber Jokowi.

Luhut menyebut, pihaknya akan menerapkan strategi untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 yang tidak akan langsung hilang.

Baca Juga: Langgar PPKM, Holywings Kemang Dibekukan Izinnya dan Dikenakan Denda Rp50 Juta!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x