Kompas TV video sinau

Manfaat Cuci Kaki Sebelum Tidur

Kompas.tv - 6 September 2021, 19:34 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Persiapan sebelum tidur tidak hanya sikat gigi, tapi juga cuci kaki. Mencuci kaki sebelum tidur bertujuan untuk menghilangkan kulit mati, keringat atau kotoran-kotoran yang menempel dan menumpuk saat berjalan dan menginjak lantai rumah tanpa alas kaki, atau ketika memakai sandal dan sepatu sehabis aktivitas di luar rumah.

Mencuci kaki sebelum tidur juga bisa membuat tidur lebih nyenyak. Ini  karena kaki yang bersih terhindar dari gatal-gatal akibat kuman atau bakteri. Selain itu, mencuci kaki bisa menghindarkan kaki  dari kesemutan yang mungkin terjadi karena lelah akibat aktivitas seharian yang padat.

Kaki dapat memproduksi keringat. Terdapat sekiranya 250 ribu kelenjar keringat yang dimiliki oleh kaki, jika bergabung dengan bakteri yang menempel di kaki, akan menimbulkan bau yang tidak sedap.  Bau ini akan hilang jika kita mencuci kaki dengan sabun, sampai bersih. Namun, tidak hanya untuk menghilangkan bau yang tak sedap, mencuci kaki juga memiliki manfaat untuk pertumbuhan kuku, persendian tetap sehat, dan kelancaran sirkulasi darah. 

Baca Juga: Tips Menjaga Kebersihan Rumah, 5 Area Ini Jangan Sampai Terlewat!

https://www.kompas.tv/article/167900/tips-menjaga-kebersihan-rumah-5-area-ini-jangan-sampai-terlewat 

Grafis: Arief Rahman

 

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x