Kompas TV regional berita daerah

Menikmati Duet Asam & Pedas Dalam Rujak Seafood

Kompas.tv - 6 September 2021, 17:15 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Rujak seafood merupakan salah satu sajian kuliner laut, yang kini tengah digemari oleh warga Kota Palembang. Sajian menu rujak seafood ini diadopsi dari menu populer di Thailand yakni Som Tam, tetapi memiliki cita rasa lokal dengan beragam jenis makanan laut dalam penyajiannya.

Sajian menu laut, masih menjadi primadona bagi kebanyakan pencinta kuliner yang ada di Kota Palembang. Saat ini juga sudah mulai banyak bermunculan sajian kuliner laut yang menggugah selera, salah satunya rujak seafood.

Sama seperti sajian menu laut pada umumnya, rujak seafood juga tetap mengandalkan beragam jenis makanan laut seperti kepiting, kerang hijau, kerang dara, udang, cumi, hingga lobster mini. Beragam jenis makanan laut ini harus terlebih dahulu direbus hingga matang. Namun yang menjadi pemeran utama dalam menu rujak seafood ini, ialah sambal rujak uleknya.

Untuk membuat sambal rujak ulek cukup mudah, pertama bawang putih diulek dan ditambahkan sedikit garam dan gula. Setelah halus kemudian masukkan cabai yang sebelumnya sudah dihaluskan. Kemudian untuk membuat rasanya lebih kuat, masukkan potongan jeruk kunci.

Baca Juga: Rujak Seafood Rasa Lokal

Untuk penyajiannya, cukup sajikan beragam makan laut yang sudah direbus ini dengan sambel rujak ulek. Sebagai pelengkapnya dapat juga ditambahkan sayuran selada dan kemangi.

Alhasil menu rujak seafood ini cukup banyak diminati para pencinta kuliner olahan makanan laut.  Dan dalam satu hari menu rujak seafood dapat terjual sebanyak 30 porsi.

Berbeda dari menu laut lainnya, rujak seafood ini memiliki rasa spesial karena sambel rujaknya terasa asam dan pedas.

Satu porsi rujak seafood ini dibanderol mulai dari harga 65 ribu rupiah hingga 140 ribu rupiah, tergantung dari makanan laut yang dipilih.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x