Kompas TV nasional peristiwa

Kasus Perusakan Masjid Ahmadiyah Sintang, Kemenag Akan Terjunkan Tim Bahas Solusi

Senin, 6 September 2021 | 15:32 WIB
kasus-perusakan-masjid-ahmadiyah-sintang-kemenag-akan-terjunkan-tim-bahas-solusi
Sejumlah massa mendatangi jemaat Ahmadiyah di Desa Balai Harapan, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (3/9/2021) siang. Kepala Bidang Humas Polda Kalbar Kombes Pol Donny Charles Go mengatakan, bangunan masjid mengalami kerusakan karena dilempar dan bangunan belakang masjid dibakar massa. (Sumber: istimewa via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) pekan ini akan menerjunkan tim ke Sintang, Kalimantan Barat untuk menggelar dialog dan mencari solusi atas konflik yang terjadi antara masyarakat dan jemaah Ahmadiyah.

Hal ini merupakan respons Kemenag atas peristiwa perusakan masjid milik jemaah Ahmadiyah di Kabupaten Sintang yang terjadi pada Jumat (3/9/2021).

Menurut Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Kemenag Nifasri menyatakan timnya akan menuju Sintang pada Kamis (9/9/2021) mendatang.

"Kita Kamis besok ke sana mau ketemu pihak terkait. Gimana solusi penyelesaiannya. Kita dialog dengan pihak terkait, MUI, FKUB (forum kerukunan umat beragama), dengan Kemenag, Pemda dan tokoh masyarakat untuk cari jalan keluar," kata Nifasri, Senin (6/9/2021).

Lebih lanjut, Nifasri menerangkan perusakan tempat ibadah umat beragama tak dibenarkan dilakukan di Indonesia.

Bahkan, menurutnya perusakan masjid Ahmadiyah bagian dari pelanggaran atas regulasi yang sudah dibuat oleh pemerintah.

Adapun regulasi itu sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri yang mengatur bahwa masyarakat tak diperkenankan melakukan kegiatan melanggar hukum terhadap jemaah Ahmadiyah.

Perlu diketahui, SKB Nomor 3 Tahun 2008, Nomor Kep 33/A/JA/6/2008 Nomor 199 Tahun 2008 tentang Peringatan dan Perintah kepada Penganut, Anggota dan atau Anggota Pengurus Jemaah Ahmadiyah Indonesia dan warga masyarakat.

Baca Juga: Kasus Perusakan Tempat Ibadah Ahmadiyah di Sintang, 9 Orang Ditetapkan Jadi Tersangka

SKB tersebut telah diteken oleh Menteri Agama, Jaksa Agung, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Kendati demikian, Nafsiri menyebut pihaknya tak sekadar akan mempersilakan pihak kepolisian untuk menghukum para pelaku.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Ruang Isolasi Asrama Haji Kosong

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:15 WIB
Budaya

Bhineka atau Bineka? Mana Yang Benar?!

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:10 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:18
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19