Kompas TV internasional kompas dunia

Diculik! Begini Penampakan Presiden Guinea Alpha Conde Usai Kudeta Militer

Kompas.tv - 6 September 2021, 13:05 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

GUINEA, KOMPAS.TV – Inilah penampakan Presiden Guinea Alpha Conde usai beredar kabar penculikan dirinya dalam sebuah upaya kudeta militer di Guinea pada 5 September 2021.

Dalam video yang beredar di media sosial ini, Presiden Alpha Conde terlihat dalam kondisi baik setelah serangan militer ke Istana Presiden. Namun, ia tampak enggan diajak berbicara dengan anggota militer.

Alpha Conde mulai berkuasa pada Desember 2010. Ia telah berkuasa lebih dari satu dekade. Militer pasukan khusus mengkudeta pemerintahan usai adanya amandemen konstitusi pada tahun 2020 yang memungkinkan presiden menjabat selama 3 periode.

Baca Juga: Kudeta di Guinea Usai Alpha Conde Ubah Konstitusi Jadi Presiden Tiga Periode

Militer Pasukan Khusus Guinea mengkudeta pemerintah. Mereka juga telah menangkap Presiden Guinea, Alpha Conde pada Minggu, 5 September 2021.

Dalam pernyataan perdana mereka setelah berhasil mengkudeta pemerintah, pasukan khusus ini memutuskan untuk membubarkan konstitusi pada Minggu, 5 September 2021.

Baca Juga: Militer Pasukan Khusus Kudeta Pemerintah Guinea, Presidennya Diculik!

"Kami telah memutuskan untuk membubarkan konstitusi karena kami akan menulis ulang konstitusi bersama kali ini untuk seluruh Guinea. Kami akan berkumpul bersama - empat wilayah, diaspora, orang Guinea di luar negeri. Bersama-sama, kami akan melaksanakan konsultasi inklusif untuk memutuskan masa depan negara ini,” ujar Kolonel Mamadi Doumbouya, Komandan Satuan Pasukan Khusus Angkatan Darat Guinea dilansir dari APTN (6/9/2021).

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV, APTN

BERITA LAINNYA



Close Ads x