Kompas TV internasional kompas dunia

Pernyataan Perdana Militer Pasukan Khusus Usai Kudeta Pemerintahan Guinea

Kompas.tv - 6 September 2021, 11:42 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

GUINEA, KOMPAS.TV – Militer Pasukan Khusus Guinea mengkudeta pemerintah. Mereka juga telah menangkap Presiden Guinea, Alpha Conde pada Minggu, 5 September 2021.

Dalam pernyataan perdana mereka setelah berhasil mengkudeta pemerintah, pasukan khusus ini memutuskan untuk membubarkan konstitusi pada Minggu, 5 September 2021.

"Kami telah memutuskan untuk membubarkan konstitusi karena kami akan menulis ulang konstitusi bersama kali ini untuk seluruh Guinea. Kami akan berkumpul bersama - empat wilayah, diaspora, orang Guinea di luar negeri. Bersama-sama, kami akan melaksanakan konsultasi inklusif untuk memutuskan masa depan negara ini,” ujar Kolonel Mamadi Doumbouya, Komandan Satuan Pasukan Khusus Angkatan Darat Guinea dilansir dari APTN (6/9/2021).

Baca Juga: Militer Pasukan Khusus Kudeta Pemerintah Guinea, Presidennya Diculik!

Ia mengatakan bahwa mereka tidak percaya pada satu tokoh politik.

“Personalisasi kehidupan politik sudah berakhir. Kami tidak akan lagi mempercayakan politik kepada satu orang, kami akan mempercayakannya kepada rakyat,” ujarnya.

Kudeta ini terjadi setelah ada amandemen konstitusi pada 2020 yang memungkinkan presiden menjabat 3 periode.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV, APTN

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.