Kompas TV olahraga kompas sport

Laga Brasil Vs Argentina Ditunda, Tim Samba Tampil Tanpa Pemain dari Liga Inggris yang "Bermasalah"

Kompas.tv - 6 September 2021, 09:40 WIB
laga-brasil-vs-argentina-ditunda-tim-samba-tampil-tanpa-pemain-dari-liga-inggris-yang-bermasalah
Pemain timnas Brazil, Neymar dan kapten timnas Argentina, Lionel Messi. (Sumber: as.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

SAO PAULO, KOMPAS.TV - Pertemuan Brasil vs Argentina pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 resmi ditunda karena otoritas kesehatan di Brasil menganggap empat pemain Tim Tango melanggar aturan karantina.

Keempat pemain yang dinyatakan melanggar aturan karantina itu berlaga di klub Liga Inggris. Mereka adalah Emiliano Buendia (Aston Villa), Emiliano Martinez (Aston Villa), Giovani Lo Celso (Tottenham Hotspur), Cristian Romero (Tottenham).

Kecuali Buendia, tiga pemain Argentina di atas tampil sebagai starter di laga melawan Brasil.

Pada akhir Agustus lalu, Liga Inggris melarang para pemainnya untuk pergi ke negara yang masuk dalam daftar merah. Brasil masuk kategori itu.

Akibatnya, Tim Samba tidak bisa diperkuat pemain andalannya yang bermain di sejumlah klub Liga Inggris seperti Alisson Becker, Roberto Firmino, Gabriel Jesus, Fred, Richarlison, Thiago Silva, dan Rapinha.

Namun, beberapa pemain Argentina nyatanya diizinkan oleh klubnya untuk tetap membela negara di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Brasil disebut bakal melayangkan komplain ke FIFA atas penolakan pemainnya untuk dipanggil memperkuat tim nasionalnya.

Tetapi para pemain yang berlaga di Liga Inggris barangkali membuat keputusan yang tepat dengan tidak datang memperkuat tim nasionalnya. 

Karena Brasil mengeluarkan aturan karantina selama 14 hari bagi para pendatang yang berasal dari Inggris.

Jika Brasil memaksa membawa pemainnya dari Inggris, seharusnya mereka juga akan melakukan karantina sebelum bermain untuk Selecao.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, duel Brasil vs Argentina ini sejatinya digelar di Neo Quaimica Arena, Senin (6/9/2021) dini hari WIB.

Namun saat laga baru bergulir 6 menit, sejumlah ofisial pertandingan terlihat memasuki lapangan.

Wasit pun mencoba menghampiri ofisial pertandingan tersebut untuk menanyakan situasi apa yang terjadi.

Setelah ditelusuri, ternyata otoritas kesehatan dari Brasil mempermasalahkan empat pemain Argentina yang disebut melanggar aturan karantina.

Baca Juga: Alasan Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Brazil vs Argentina Dihentikan

Dalam peraturan kesehatan di Brasil, pendatang yang dalam 14 hari terakhir berada di Inggris harus menjalani karantina selama 14 hari ketika sampai di Brasil.

Meski berstatus pertandingan resmi sepak bola Kualifikasi Piala Dunia, Badan Pengatur Kesehatan Brasil (Anvisa) menegaskan bahwa protokol kesehatan tetap harus diutamakan dan karantina mesti segera dilakukan.

"Anvisa menganggap situasi ini sebagai risiko kesehatan yang serius dan karenanya telah meminta otoritas kesehatan setempat untuk segera menentukan karantina bagi para pemain, yang dilarang berpartisipasi dalam aktivitas apa pun dan harus dicegah tetap berada di tanah Brasil," tulis Anvisa dalam sebuah pernyataan.

Usai laga terhenti, para pemain pun pergi ke ruang ganti.



Sumber : ESPN/The Independent


BERITA LAINNYA



Close Ads x