Kompas TV olahraga kompas sport

Hasil Imbang dengan Swiss, Italia Cetak Rekor 36 Laga Internasional Tanpa Kalah

Kompas.tv - 6 September 2021, 06:47 WIB
hasil-imbang-dengan-swiss-italia-cetak-rekor-36-laga-internasional-tanpa-kalah
Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini menangis setelah membawa timnya menjuarai Euro 2020 usai mengalahkan Inggris lewat adu penalti di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. (Sumber: Carl Recine/Pool Photo via AP)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Fadhilah

BASEL, KOMPAS.TV - Tim nasional Italia sukses memperpanjang rentetan rekor tanpa kekalahan menjadi 36 laga setelah mereka ditahan imbang Swiss dengan skor kacamata.

Gli Azurri, julukan tim nasional Italia, harus puas dengan raihan satu poin setelah bertandang ke St Jakob-Park, Basel, Swiss, dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Senin (6/92021) dini hari. 

Dengan hasil imbang 0-0 di Swiss, Italia jadi pemegang tunggal rekor laga tanpa kalah di level internasional dengan 36 laga beruntun. 

Sebelumnya, pencapaian tersebut dipegang oleh Brazil dan Spanyol. Tim lain yang berpeluang mengejar rekor tersebut adalah Aljazair, saat mereka punya catatan 29 pertandingan beruntun tanpa kalah.

Baca Juga: Rekap Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Italia Imbang, Inggris Hujan Gol, Spanyol Tersungkur

Kendati begitu, ada sedikit perdebatan soal rekor tanpa kalah ini. Dari data ESPN, Italia bisa disimpulkan juga sudah melewati rekor 35 laga tanpa kalah Brasil.

Akan tetapi, Opta mencatat rekor dunia rentetan laga tanpa kalah terpanjang kini bersama-sama dipegang oleh Italia dan Brasil. Kedua negara tak terkalahkan dalam 36 laga secara beruntun.

Menurut laporan Football Italia, sejumlah media Brasil menyatakan bahwa Selecao tak terkalahkan dalam 36 laga beruntun pada 1993-1996. Satu laga yang menjadi perdebatan adalah duel Brasil melawan tim Rumania B pada September 1995 yang dikatakan tak masuk agenda FIFA.

Laga Italia Vs Swiss

Tim besutan Roberto Mancini sebetulnya punya peluang kesempatan emas pada menit ke-53. Sayang, Jorginho gagal mengkonversi tendangan penalti yang diperoleh Italia menjadi gol.

Eksekusi penalti gelandang yang baru saja didapuk sebagai Pemain Terbaik UEFA 2020/21 itu terlalu dekat dengan jangkauan kiper Yann Sommer.

Itu menjadi satu dari tujuh penyelamatan Sommer sepanjang laga atas ancaman yang dilancarkan oleh para pemain Italia.

Sementara kiper Gianluigi Donnarumma sempat mengamankan gawang Italia dari sepakan Denis Zakaria pada menit ke-84. 

Peluang apik Swiss lainnya lahir dari sundulan Manuel Akanji tiga menit jelang turun minum, namun masih melayang tipis di sisi gawang.

Kendati mampu memecahkan rekor anyar, skor 0-0 lawan Swiss mengikuti hasil kurang optimal lainnya bagi Italia yang sebelumnya juga ditahan imbang 1-1 oleh Bulgaria tiga hari lalu.

Baca Juga: Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa: Italia Buru Rekor Brazil



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x