Kompas TV nasional kesehatan

Jangan Salah, Ini Waktu yang Dianjurkan untuk Mengonsumsi Buah

Kompas.tv - 6 September 2021, 06:52 WIB
jangan-salah-ini-waktu-yang-dianjurkan-untuk-mengonsumsi-buah
Ilstrasi: buah. Berikut waktu yang dianjurkan untuk mengonsumsi buah. (Sumber: Grid.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Fadhilah

SOLO, KOMPAS.TV - Mengonsumsi buah merupakan salah satu anjuran yang digunakan untuk menjaga asupan makanan bernutrisi. Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, mengonsumsi buah juga dapat melancarkan pencernaan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan untuk mengonsumsi buah setidaknya 150 gram dalam sehari untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Namun, pernahkah Anda kepikiran kapan waktu yang dianjurkan untuk mengonsumsi buah? Dilakukan setelah atau sebelum makan? Saat pagi hari atau malam hari?

Baca Juga: Benarkah Mengonsumsi Nasi Dingin Lebih Cocok untuk Penderita Diabetes?

Guru besar juga ahli gizi masyarakat dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ali Khomsan menjelaskan, waktu makan buah, baik sebelum atau sesudah makan, perlu memperhatikan kebutuhan tiap orang.

Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan memakan buah sebelum makan besar dianjurkan karena buah bersifat mengeyangkan.

"Makan buah sebelum makan dianjurkan bagi orang-orang yang kelebihan berat badan karena serat dalam buah bersifat mengenyangkan. Sehingga, mengurangi porsi makan yang akan dikonsumsi," ujar AliSenin (06/09/2021).

Nah, selain itu yang disebutkan di atas mengonsumsi buah pada waktu setelah atau sebelum makan besar diperbolehkan.

Baca Juga: Sensasi Menikmati Si Raja Buah Langsung di Kebunnya

Ali menambahkan, mengonsumi buah juga dapat bermanfaat bagi mulut. Dengan mengonsumsi buah secara utuh proses pengunyahan juga merupakan bagian pencernaan mekanis.

"Untuk mereka yang bukan lansia, makan buah potongan ada manfaatnya karena proses pengunyahan juga sekaligus bagian pencernaan mekanis di mana karbohidrat dicerna oleh enzim amilase yang ada dalam mulut," lanjutnya.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.