Kompas TV nasional politik

DPR Masih Menunggu Usulan Jokowi Soal Calon Panglima TNI

Kompas.tv - 6 September 2021, 00:10 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Anggota Komisi I DPR RI dari fraksi PPP Syaifullah Tamliha menyebut, saat ini pemerintah belum menerima surat resmi dari Presiden Jokowi, terkait usulan nama calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.

Ia menyebut, DPR masih menantikan usulan nama calon Panglima dari Presiden.

“Siapa calon penggantinya sampai saat ini komisi 1 belum menerima surat resmi dari Presiden tentang siapa yang bakal menggantikan Panglima TNI”, pungkas Syaifullah saat memberikan keterangan dalam sebuah video yang diterima Kompas TV (5/9).

Baca Juga: Menilik Kans Jenderal Andika dan Laksamana Yudo Jadi Calon Kuat Panglima TNI

Ia menambahkan, saat ini ada dua nama yang disebut sebagai kandidat kuat untuk jabatan Panglima TNI tersebut, yakni Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono.

“Jika melihat dari senioritas memang yang paling senior di antara seluruh kepala staf adalah Jenderal TNI Andika yang sekarang menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. Kemudian jika Presiden mempertimbangkan mesti bergilir antara angkatan maka yg menjadi calon adalah Kasal”, jelasnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada Bulan November mendatang.

Hal ini berarti, ia harus melepaskan masa jabatannya sebagai Panglima TNI dalam waktu dekat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.