Kompas TV entertainment lifestyle

5 Tanaman Ini Dibenci Tikus, Mudah Tumbuh dan Bisa Ditanam di Rumah

Kompas.tv - 5 September 2021, 15:07 WIB
5-tanaman-ini-dibenci-tikus-mudah-tumbuh-dan-bisa-ditanam-di-rumah
Ilustrasi tanaman mint. (Sumber: UNSPLASH/ELEANOR CHEN via Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tikus menjadi hewan pengganggu yang sering masuk ke dalam rumah. Selain kotor dan membawa penyakit, ketika masuk ke rumah terkadang tikus juga makan bahan-bahan makanan yang ada di dapur.

Meski kebanyakan orang memilih menggunakan racun atau perangkap, namun mencegah tikus masuk rumah lebih baik daripada menangkap, mengusir, atau membunuhnya.

Salah satu cara mencegah tikus masuk rumah adalah menanam tanaman yang dibenci tikus. Seperti dilansir Hunker, berikut beberapa tanaman yang dibenci tikus dan bisa kita coba tanam di rumah:

1. Bawang putih

Bawang putih bisa mencegah tikus masuk rumah dan kebun kita. Bawang putih mengandung beberapa senyawa belerang yang menghasilkan bau menyengat yang tidak disukai oleh hewan pengerat, seperti tikus.

Kita bisa membuat semprotan sederhana dengan menambahkan siung bawang putih ke dalam air mendidih. Kemudian, saring cairan tersebut ke dalam botol semprot dan semprotkan di area yang banyak dikunjungi tikus.

Kita juga bisa menaburkan bubuk bawang putih di sekitar rumah atau taman sebagai alternatif cara mengusir tikus.

2. Tomat

Tanaman tomat yang ditanam di sekitar taman juga diyakini dapat membantu mengusir tikus yang masuk ke taman. Cobalah menyebarkan daun tanaman tomat di sekitar rumah dan kebun sebagai alternatif cara mengusir tikus.

Baca Juga: 5 Tanaman Dapur Multifungsi, Ampuh Usir Bau Tak Sedap

3. Peppermint



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x