Kompas TV nasional sosial

Erick Thohir Jawab Kemarahan Risma ke Pejabat Bank BUMN soal Penyaluran Bansos: Saya Cek Langsung

Kompas.tv - 5 September 2021, 11:19 WIB
erick-thohir-jawab-kemarahan-risma-ke-pejabat-bank-bumn-soal-penyaluran-bansos-saya-cek-langsung
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat mengunjungi sentra vaksinasi Covid-19 di Jakarta, Rabu (7/7/2021). (Sumber: Dok, Kementerian BUMN)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

DEPOK, KOMPAS.TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan bank-bank BUMN atau Himpunan Bank Negara (Himbara) tidak akan menghambat proses penyaluran program bantuan sosial dari pemerintah.

Erick Thohir menyampaikan pernyataan tersebut menanggapi soal kemarahan Menteri Sosial Tri Rismaharini kepada salah satu pejabat bank BUMN terkait penyaluran bantuan sosial (bansos).

Baca Juga: Saat Erick Thohir Ditanya Anak-Anak: Juara Lomba Azan Hadiahnya Bisa Langsung Jadi Menteri?

"Tentu jika ada kekurangan sana sini saya akan cek langsung permasalahannya," kata Erick Thohir ketika ditemui dalam kunjungan kerja di Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/9/2021).

"Tapi saya yakinkan dengan segala kerendahan hati, Himbara sebagai bagian dari pemerintah tidak ada bermaksud untuk menghambat atau melakukannya."

Menurut Erick Thohir, Himbara memberikan kemudahan bagi UMKM dan korporasi dalam melakukan restrukturisasi kredit.

Tak hanya itu, kemudahan juga dilakukan dalam penyaluran pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: Erick Thohir Rombak Direksi Pindad, Berikut Susunan Terbaru

Hingga saat ini, kata Erick, bank-bank BUMN sudah melakukan restrukturisasi kredit UMKM dan korporasi hingga Rp 470 triliun.

"Kalau dilihat dari KUR yang diberikan Bank Himbara itu Rp 270 triliun, itu KUR ya. Karena enggak mungkin dalam situasi Covid-19 ini, kita enggak bangun ekonomi di bawah," ujarnya.

"Supaya yang besar jangan makin besar dan yang kecil jangan makin kecil. Mesti ada keseimbangan dan Himbara lakukan itu."

Lebih lanjut, Erick Thohir mengatakan, saat ini diperlukan sinkronisasi data penerima bansos yang dimiliki pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan juga Himbara.

Baca Juga: Kocak! Erick Thohir Peragakan Balet Saat Main Tebak-Tebakan Bersama Atlet Indonesia



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x