Kompas TV tekno internet

Berdiri pada 4 September 1998, Berikut Napak Tilas Google Hingga Saat Ini

Kompas.tv - 4 September 2021, 16:19 WIB
berdiri-pada-4-september-1998-berikut-napak-tilas-google-hingga-saat-ini
Ilustrasi penggunaan situs pencarian Google. (Sumber: iStock)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagai mesin pencarian terpopuler di dunia, Google selalu diandalkan oleh banyak orang untuk menemukan jawaban dari persoalan yang remeh hingga serius.

Hari ini, Sabtu (4/9/2021), perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin tersebut telah menginjak usia 23 tahun.

Pada 4 September 1998, dua mahasiswa pascasarjana doktoral (PhD) Stanford University, California, Amerika Serikat (AS) itu berhasil mewujudkan impian mereka, yakni menciptakan mesin pencari dan indeks untuk seluruh website.

Dengan begitu, semua informasi yang ada di dunia ini dapat mereka kumpulkan dan diakses oleh banyak orang hingga membawa kebermanfaatan.

Baca Juga: Mulai 27 September, Daftar HP Android Ini Diblokir Google, Tidak Bisa Buka Gmail hingga YouTube

Keduanya pun mendapat suntikan dana dari investor, Sun Microsystems, sebesar USD 100 ribu yang lantas difokuskan untuk membuat mesin pencari.

Seiring berjalannya waktu, mimpi keduanya kemudian seolah terlampau jauh dan bercabang-cabang hingga kini Google tak hanya fokus di ranah pencarian.

Berbagai produk pun dihasilkan Google, mulai dari software hingga surel, penyimpanan, dan jejaring sosial.

Perusahaan ini juga berhasil mengembangkan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS untuk Chromebook.

Baca Juga: Tak Perlu Risau, Begini Tips Pakai Google Meet yang Hemat Kuota



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x