Kompas TV internasional kompas dunia

Tersesat 3 Hari di Hutan Thailand, Lelaki Tua Inggris Ini Bertahan Hidup dengan Minum Air Hujan

Kompas.tv - 4 September 2021, 03:05 WIB
tersesat-3-hari-di-hutan-thailand-lelaki-tua-inggris-ini-bertahan-hidup-dengan-minum-air-hujan
Barry Leonard Weller (72) akhirnya berhasil ditemukan dengan selamat oleh tim pencari setelah tersesat selama tiga hari di hutan di provinsi Khon Kaen, Thailand, Jumat (3/9/2021). (Sumber: AP Photo/Tanadon Sribura)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

BANGKOK, KOMPAS.TV – Seorang lelaki Inggris berusia 72 tahun berhasil ditemukan selamat setelah menghilang selama tiga hari di hutan di timur-laut Thailand saat hendak mengunjungi kawannya.

Melansir Associated Press, Barry Leonard Weller berhasil ditemukan oleh seorang pemburu setempat pada Jumat (3/9/2021) di hutan terpencil di Provinsi Khon Kaen.

Menurut Nattapat Tadee, seorang relawan setempat yang membantu upaya pencarian, Weller ditemukan tengah tertidur di sebuah formasi bebatuan. Rupanya Weller memanjat bebatuan itu untuk mencoba melihat dari ketinggian dan mencari jalan keluar.

Selama tersesat di hutan itu, kata Weller, dirinya tak makan apa pun.

“Dia bertahan hidup dengan meminum genangan air di bebatuan, dan menggunakan rumput sebagai sedotannya,” kata Nattapat.

Baca Juga: Dipecat Imbas Covid-19, 3 TKI di Malaysia Pulang Jalan Kaki ke Indonesia, Akhirnya Hilang di Hutan

Saat ditemukan, Weller hanya mengenakan kaus kaki, tapi tak bersepatu. Ia tampak kelelahan, dan ada bekas luka di kakinya. Tapi selain dari itu, ia tampak sehat.

“Ya, saya sangat bahagia. Saya tak pernah merasa sebahagia ini dalam hidup saya,” kata Weller.

“Kaki saya terluka, tapi saya bahagia. Panas. Saya mengagumi apa yang dilakukan orang-orang ini. Ini membuat saya menangis. Mereka melakukannya dengan sangat baik,” kata Weller mengungkapkan kegembiraannya berhasil ditemukan.

Suasana mengharukan nan emosional terjadi saat Weller akhirnya bersua pasangannya, Tawee Chaisanrit (49). Sambil berpelukan erat, keduanya menangis haru.

Baca Juga: 12 Hari Hilang Di Hutan Seorang Kakek Berhasil Ditemukan Dalam Keadaan Selamat

Setelah tersesat selama tiga hari di hutan lebat Thailand, Barry Leonard Weller (72) akhirnya bertemu kembali dengan pasangannya, Tawee Chaisanrit (49), di Provinsi Khon Kaen, Thailand, Jumat (3/9/2021). (Sumber: AP Photo/Tanadon Sribura)

“Terima kasih semuanya. Terima kasih untuk seluruh tim yang terus berjuang bersama saya (untuk menemukan Weller),” kata Chaisanrit sambil menangkupkan kedua telapak tangannya di dada.

Menurut Chaisanrit, Weller meninggalkan rumah mereka dengan sepeda motor pada Selasa (31/8/2021) untuk mengunjungi teman-temannya. Namun, Weller tak kembali hari itu.

Di tengah guyuran hujan lebat hari itu, Chaisanrit berupaya mencari Weller, tapi tak ketemu. Keesokan harinya, ia pun menghubungi pihak berwenang dan melaporkan Weller yang hilang.

Baca Juga: 22 Pelajar SMP di Kolaka Hilang di Hutan saat Ikut Persami

Weller yang telah tinggal di Thailand selama sekitar 15 tahun itu, kata Chaisanrit, ternyata mengambil rute berbeda hari itu dan lalu tersesat.

Ada banyak binatang liar di hutan Thailand, termasuk harimau, macan tutul, beruang dan gajah. Namun, menurut tim penyelamat, hutan tertentu dianggap tidak berbahaya.

Bagaimanapun, Weller sungguh beruntung bisa selamat!

 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x