Kompas TV nasional sapa indonesia

Sorotan: Korupsi Dinasti Politik

Kompas.tv - 3 September 2021, 16:21 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Kasus jual beli jabatan kepala desa yang menyeret Bupati Probolinggo Puput Tantriana dan sang suami yang merupakan anggota DPR dan mantan bupati, mengungkap politik dinasti masih mengakar kuat dan kerap bertemali dengan praktik korupsi.

Mengapa dinasti politik cenderung koruptif?

Dalam kasus ini KPK menemukan jual beli jabatan kepala desa di wilayah Probolinggo, Jawa Timur, dengan fee yang beragam.

Sejumlah dokumen dan uang senilai Rp 362.5 juta menjadi barang bukti.

Meski secara konstitusional setiap orang berhak ikut kontestasi politik, pakar hukum tata negara Feri Amsari dari Universitas Andalas menilai dinasti politik juga memberikan citra buruk pada partai jika ternyata sosok yang diusung tidak bekerja dengan baik.

Baca Juga: Bupati Probolinggo Disebut Gemar Mutasi ASN sebelum Jadi Tersangka Kasus Jual Beli Jabatan

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.