Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kasus Covid Jawa-Bali Turun, Industri Alihkan Bantuan Oksigen ke Kalimantan

Kompas.tv - 3 September 2021, 07:57 WIB
kasus-covid-jawa-bali-turun-industri-alihkan-bantuan-oksigen-ke-kalimantan
Ilustrasi tabung oksigen (Sumber: KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hingga saat ini, pemerintah terus berupaya memastikan ketersediaan oksigen di seluruh daerah.

Situasi pandemi Covid-19 di beberapa provinsi masih memerlukan perhatian khusus, termasuk di Provinsi Kalimantan Selatan.

Salah satu adalah dengan melibatkan semua pihak dari dalam dan luar negeri termasuk pihak swasta.

Melalui Linde Indonesia Community Engagement (CE) dan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Smelting, program bantuan oksigen medis ke luar Pulau Jawa terus dilanjutkan dengan mengirimkan 1 Isotank kapasitas volume 20 ton ke Provinsi Kalimantan Selatan.

itu adalah bagian strategi jangka pendek pemerintah, untuk menyelesaikan masalah oksigen.

Diantaranya dengan melakukan pemantauan melalui dashboard (SIRS), melakukan konversi oksigen industri, melakukan upaya impor/hibah, menggunakan Isotank, dan mendistribusikan oxygen concentrator.

Bantuan suplai oksigen medis yang telah berlangsung sejak bulan Juni 2021 ini merupakan hasil sinergi dari PT Linde Indonesia dan PT Smelting, secara keseluruhan telah disalurkan mencapai hampir 400 ton.

Baca Juga: Komunitas Koi Dan BMA Blitar Sediakan Layanan Isi Ulang Oksigen Gratis

“Ini salah satu bentuk kerjasama antara Pemerintah, masyarakat dan industri. Tentu menjadi contoh bagi teman-teman industri lain bahwa mereka dapat melakukan pekerjaan ini disamping mereka tetap mempertahankan bisnisnya,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Usaha Badan Usaha Milik Negara, Riset, dan Inovasi Kemenko Perekonomian Montty Girianna, dalam siaran pers Rabu, (3/9/2021).

Montty menambahkan, pengiriman tersebut bertujuan agar penggunaan persediaan oksigen medis yang ada dapat dioptimalkan terutama untuk daerah di luar Jawa-Bali yang sedang berjuang menangani Covid-19.

“Kita sekarang melakukan switch, karena kasus di Jawa-Bali turun dan kita punya kelebihan oksigen, maka kita berikan ke luar pulau Jawa dan Bali,” ujarnya.

Baca Juga: Stok Oksigen Terbatas, Mypets Group Tawarkan Pinjaman Alat Oksigen Concentrator Gratis

Dalam kesempatan yang sama, Director for Commerce and Business Development PT Smelting Irjuniawan P. Radjamin menyampaikan, pemberian oksigen ini merupakan komitmen PT Smelting sejak kasus varian Delta meledak di Indonesia.

“Komitmen bahwa kita mendahulukan humanity. Saat ini kebutuhan oksigen Jawa-Bali menurun, dan kami melihat kebutuhan diluar Jawa-Bali meningkat. Karena itu kami mempunyai komitmen bersama PT Linde untuk melakukan bantuan,” tutur Irjuniawan.

Oksigen medis merupakan hal yang esensial dalam penanganan Covid-19 terutama bagi pasien Covid-19 bergejala berat dengan kadar oksigen yang rendah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x