Kompas TV internasional kompas dunia

Indonesia Terima 500 Ribu Vaksin Covid-19 Buatan AstraZeneca dari Australia

Kompas.tv - 3 September 2021, 01:15 WIB
indonesia-terima-500-ribu-vaksin-covid-19-buatan-astrazeneca-dari-australia
Sebanyak 500.000 dosis vaksin AstraZeneca ini merupakan pengiriman tahap pertama dari rencana pemerintah Australia untuk memberikan dukungan 2,5 juta dosis vaksin Covid-19 tahun 2021 bagi masyarakat Indonesia, kata Menlu Retno Marsudi (Sumber: Antara)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia menerima 500 ribu dosis vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca dari Australia, melalui mekanisme berbagi dosis (dose-sharing) yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis siang (2/9/2021). 

“Kedatangan vaksin AstraZeneca ini adalah pengiriman tahap pertama dari rencana pemerintah Australia untuk memberikan dukungan 2,5 juta dosis vaksin Covid-19 tahun 2021 bagi masyarakat Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi ketika menyampaikan sambutan secara virtual tentang kedatangan vaksin tersebut.

Selain itu, ujar Retno, pemerintah Australia juga memberikan komitmen dukungan pengadaan vaksin bagi Indonesia senilai 77,1 juta dolar Australia (setara Rp811,3 miliar) yang akan disalurkan melalui UNICEF.

Dukungan kerja sama vaksin itu adalah salah satu topik bahasan Menlu Retno dalam komunikasi telepon beberapa kali dengan Menlu Australia Marise Payne, termasuk yang terakhir dilakukan pada 7 Juli 2021.

Untuk terus memperkokoh kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara yang dibentuk pada 2018, Retno menyampaikan, Indonesia dan Australia berencana untuk melakukan pertemuan 2+2 dalam waktu dekat.

Pertemuan 2+2 adalah pertemuan antara menlu dan menteri pertahanan antara Indonesia dan Australia.

Baca Juga: Indonesia jadi Negara Paling Santai di Dunia, Kalahkan Australia dan New Zealand

Vaksin AstraZeneca. Sebanyak 500.000 dosis vaksin AstraZeneca ini adalah pengiriman tahap pertama dari rencana pemerintah Australia untuk memberikan dukungan 2,5 juta dosis vaksin Covid-19 tahun 2021 bagi masyarakat Indonesia, kata Menlu Retno Marsudi. (Sumber: Associated Press)

Selain pada tingkat menteri, upaya untuk memperkuat kerja sama penanganan Covid-19 juga sangat intensif dilakukan pada tingkat tertinggi pimpinan kedua negara.

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison secara rutin melakukan pembicaraan per telepon dan terakhir dilakukan pada 24 Juni 2021.

“Atas nama pemerintah Indonesia, saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Australia atas dukungan kerja sama penanganan Covid-19,” tutur Retno.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams menyampaikan kebanggaannya dapat berdiri bersama Indonesia di masa-masa sulit akibat pandemi.

“Kami senang dapat bekerja bersama saat kedua negara negara kita menghadapi dan memulai pemulihan dari Covid-19,” ujar dia.

 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x