Kompas TV olahraga kompas sport

Soal Jumlah Gol Internasional, Ternyata Ronaldo Masih Kalah dengan Pemain Ini

Kompas.tv - 3 September 2021, 00:05 WIB
soal-jumlah-gol-internasional-ternyata-ronaldo-masih-kalah-dengan-pemain-ini
Pemain timnas wanita Kanada, Christine Sinclair. (Sumber: canpl.ca)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Soal jumlah gol internasional, Cristiano Ronaldo masih kalah dengan legenda hidup tim nasional putri Kanada, Christine Sinclair. 

Cristiano Ronaldo berhasil memecahkan rekor sebagai pemain putra dengan jumlah gol internasional terbanyak. Rekor legendaris yang dipecahkan Ronaldo adalah milik eks bomber timnas Iran, Ali Daei. 

Daei sukses mencetak 109 gol dari total 149 penampilan bersama Iran.

Namun, Ronaldo sukses melampaui Daei usai mencetak dwigol ke gawang Republik Irlandia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. 

Selain memecahkan rekor Daei sebagai top skor internasional putra, Ronaldo juga membantu Portugal meraih kemenangan 2-1 atas Irlandia. 

Baca Juga: Pecahkan Rekor, Koleksi 111 Gol Bawa Ronaldo Jadi Top Skor Level Internasional

Dua gol tersebut membuat Ronaldo telah mengumpulkan 111 gol dari 180 penampilan bersama Portugal.

Namun, apabila menyertakan para pemain dari sektor sepak bola putri, Ronaldo hanya menempati urutan kesembilan. 

Melansir Transfermarkt pemain dengan jumlah gol internasional terbanyak masih dipegang legenda hidup timnas Kanada, Christine Sinclair. Sinclair saat ini memiliki 187 gol dari 303 penampilan bersama Kanada. 

Sinclair yang kini telah berusia 38 tahun, sukses menjadi top skor internasional pada Januari 2020 silam di Kualifikasi Olimpiade zona CONCACAF. 

Sinclair melampaui rekor yang sebelumnya dipegang oleh eks bomber timnas putri Amerika Serikat,  Abby Wambach (184 gol). 

Baca Juga: Pesan Ronaldo kepada Solskjaer: Andalkan Saya untuk Apa pun yang Anda Inginkan

Selain kedua pemain putri di atas, eks rekan satu tim Wambach, Mia Hamm dan Kristine Lilly menempati urutan tiga dan empat sebagai top skor internasional. Hamm mencetak 158 gol, sementara Lilly dengan koleksi 130 gol. 

Kemudian ada Birgit Prinz dari Jerman dan Carli Lloyd (Amerika Serikat) yang sama-sama mengoleksi 128 gol, Julie Fleeting (Skotlandia) dengan 116 gol, legenda Brazil Marta dengan 112 gol, dan Alex Morgan (Amerika Serikat dengan) 111 gol. 

 

 

 



Sumber : Transfermarkt

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.