Kompas TV regional kriminal

Terungkap Lokasi Penangkapan Senat Soll, Mantan TNI yang Jadi Pentolan KKB, Ternyata di Markas KNPB

Kompas.tv - 2 September 2021, 23:22 WIB
terungkap-lokasi-penangkapan-senat-soll-mantan-tni-yang-jadi-pentolan-kkb-ternyata-di-markas-knpb
Ilustrasi sejumlah anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua tampak membawa senjata. (Sumber: Istimewa via TribunPapua.)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Fadhilah

PAPUA, KOMPAS.TV - Mantan anggota TNI yang membelot dan bergabung dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bernama Senat Soll, resmi ditangkap tim gabungan pada Kamis (2/9/2021) sekitar pukul 05.00 WIT.

Direktur Reskrim Umum Polda Papua Kombes Faisal Rahmadani mengungkapkan lokasi penangkapan pria yang dikenal dengan nama Ananias Yalak tersebut.

Baca Juga: Sosok Senat Soll, Mantan TNI yang Membelot jadi Tokoh KKB, Terlibat Sederet Pembunuhan di Yahukimo

Menurut Kombes Faisal, tim gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Nemangkawi itu menangkap Senat Soll di sebuah rumah yang menjadi markas Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di wilayah Dekai, Kabupaten Yahukimo.

"Memang benar dari laporan yang diterima terungkap lokasi penangkapan Senat Soll alias Ananias Yalak di Jalan Samaru, Distrik Dekai yang merupakan Markas KNPB," kata Kombes Faisal di Jayapura, Kamis (2/9/2021) sekitar pukul 03.00 WIB.

Kombes Faisal menjelaskan, KNPB merupakan salah satu organisasi yang berupaya memisahkan Papua dari NKRI. Organisasi tersebut sering kali melakukan berbagai demonstrasi.

Namun, hingga saat ini pihaknya belum bisa menyimpulkan sejauh mana keterlibatan dan hubungan KKB dengan KNPB.

Baca Juga: Senat Soll Pimpinan KKB Pecatan TNI Ditangkap di Papua

Menurut dia, terungkapnya rumah yang menjadi tempat persembunyian Senat Soll yakni Markas KNPB setelah pihaknya melakukan pendalaman.

Ketika ditangkap tim gabungan yang dipimpin Kapolres Yahukimo AKBP Denny Hendriana, Senat Soll sempat melakukan perlawanan.

Akibatnya, tim gabungan terpaksa melumpuhkan pelaku hingga mengalami luka tembak di kaki bagian kanan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x