Kompas TV video sinau

Apa itu Alergen? Ini Beberapa Tips Menghindarinya

Kompas.tv - 2 September 2021, 20:52 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Alergen adalah istilah lain untuk pemicu alergi. Alergi, adalah reaksi sistem kekebalan tubuh manusia terhadap benda tertentu, yang seharusnya tidak menimbulkan reaksi bagi tubuh orang lain. Tanda tanda dari alergi berupa, pilek, kulit memerah atau ruam kulit yang gatal, atau bahkan sesak napas.

Pada kebanyakan orang, alergen tidak menimbulkan reaksi bagi tubuh. Tetapi pada orang yang punya alergi, terhadap alergen tersebut ,sistem imun akan mengeluarkan reaksi karena dianggap berbahaya untuk  tubuh.

Alergi disebabkan karena reaksi sistem imun terhadap alergen yang berbeda pada tiap orang. Beberapa contoh alergen yaitu debu, kulit mati hewan peliharaan, kacang-kacangan, sengatan serangga seperti lebah, paparan ulat bulu, obat-obatan, spora dari jamur, serbuk sari, cuaca panas maupun dingin. Semua hal tersebut ada di sekitar kita, maka baiknya berhati-hati.

Baca Juga: Apa itu Monday Blues dan Cara Mengatasinya

Berikut cara yang dapat diikuti untuk menghindari alergen yaitu:

1.Rajin membersihkan benda yang sering tertempel oleh debu, atau ruangan yang sering digunakan di dalam rumah, pakai masker ketika membersihkan ruangan atau benda tersebut.

2.Mencermati kandungan bahan kimia yang tercantum di kemasan produk, misalnya kosmetik, pewangi ruangan, deterjen,dan  sabun mandi.

3.Memperhatikan komposisi bahan makanan.

4.Jangan lupa membersihkan pendingin ruangan secara berkala.

Menjauh dari alergen, agar terhindar dari serangan alergi.

Baca Juga: Hidung "Meler" Setiap Pagi, Bisa Jadi Rhinitis Alergi

Grafis: Arief Rahman

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kantor Bulog Poso Terbakar

16 April 2024, 13:55 WIB

Close Ads x