Kompas TV regional berita daerah

Buruh Emping Berhasil Hantarkan Anak Hingga Sarjana Cumlaude

Kompas.tv - 2 September 2021, 13:02 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Seorang ibu yang bekerja sebagai pembuat emping di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, berhasil mengantarkan putrinya meraih pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi. Sungguh membanggakan, sang putri ternyata berhasil meraih sarjana dengan predikat cumlaude.

Rumah sederhana di Dusun Wonokerto, Desa Trimulyo, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, adalah saksi ketekunan Muzaroah, seorang pembuat emping. Sejak suaminya meninggal 19 tahun lalu, Muzaroah berjuang seorang diri membesarkan anak-anaknya dengan menjadi buruh emping.

Setiap hari saat matahari belum muncul, Muzaroah sudah sibuk membuat emping di dapur. Ia menyangrai biji melinjo sebagai bahan baku membuat emping. Berisik pukulan palu di atas papan selalu terdengar di rumah muzaroah. Emping yang telah jadi lalu diserahkan oleh Muzaroah kepada pengepul.

Dalam kesederhanaannya, Muzaroah bertekad anak-anaknya harus bersekolah setinggi-tingginya. Seorang putrinya, Sayidatul Maslahah baru lulus strata 2. Sementara adiknya Nur Milati telah lulus strata 1 dengan perdikat cumlaude di Universitas Negeri Yogyakarta.

"Nangis terus, terharu, nggak nyangka. Saya disana aja pas wisuda rasanya nangis terus," tutur Muzaroah.

Kini semua ijazah, piagam dan piala yang didapatkan putri-putrinya sejak kecil selalu membuat Muzaroah tersenyum dan bangga. Ia tidak ingat lagi seberapa lelah hidup dalam kondisi keterbatasan. Namun Muzaroah tahu, doa dan ketekunan seorang ibu selalu berbuah manis.

#kabupatenkendal #emping #universitasnegeriyogyakarta



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x