Kompas TV regional kriminal

Dikira Dipinjam Siswa, Ratusan Tablet Milik SMPN 1 Semanding Ternyata Raib Digondol Maling

Kompas.tv - 2 September 2021, 11:40 WIB
dikira-dipinjam-siswa-ratusan-tablet-milik-smpn-1-semanding-ternyata-raib-digondol-maling
Petugas dan pegawai SMP Negeri 1 Semanding melihat kondisi pintu ruang laboratorium yang dibobol maling. (Sumber: KOMPAS.COM/HAMIM)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Purwanto

TUBAN, KOMPAS.TV - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, baru saja dibobol maling.

Sebanyak 149 unit perangkat tablet merek Samsung Galaxy Tab yang tersimpan di ruang laboratorium komputer raib digondol maling.

Baca Juga: Viral! Maling Motor di Dayeuh Kolot Todongkan Pistol

Kepala SMP Negeri 1 Semanding Jajuk Jarijatmi mengatakan, ratusan tablet itu merupakan perangkat pembelajaran online siswa SMP Negeri 1 Semanding selama masa pandemi Covid-19.

Namun, sejak pembelajaran tatap muka (PTM) diperbolehkan, ratusan tablet itu disimpan di dalam ruang laboratorium komputer sekolah.

"Sekarang kan baru saja anak-anak masuk pembelajaran tatap muka terbatas, jadi tablet itu dikumpulkan," kata Jajuk dikutip dari Kompas.com, Rabu (1/9/2021).

Baca Juga: Ulang Tahun ke-6, Rafathar Bagi-bagi Hadiah 1.000 Tablet untuk Siswa Tak Mampu

Jajuk menjelaskan, ratusan tablet yang hilang itu mulanya diketahui oleh seorang pegawai sarana prasarana ruang laboratorium komputer SMP Negeri 1 Semanding bernama Toni Budi Santoso.

Toni baru menyadari barang berharga itu hilang pada Senin (30/8/2021). Saat itu, Toni masuk ke ruang laboratorium komputer hendak memasukkan laptop di lemari penyimpanan perangkat multimedia.

Tak sengaja, Toni melihat tumpukan dushbook tablet yang kondisinya sudah acak-acakan. Bahkan sebagian dushbook berisi tablet itu jumlahnya berkurang.

Baca Juga: Sambil Bersepeda, Ganjar Pranowo Sidak Pelaksanaan PTM Terbatas di SMPN 13 Semarang

"Saat itu, pegawai sarpras tak menaruh curiga karena mengira tabletnya sedang dipinjam siswa," ucap Jajuk.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.