Kompas TV nasional peristiwa

TNI AL Tangkap Kapal Tanker Berbendera Panama di Perairan Batam

Kompas.tv - 1 September 2021, 19:09 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

BATAM, KOMPAS.TV – TNI AL menangkap kapal tanker berbendera Panama yang memuat minyak hitam kurang lebih 4.600 ton yang diduga limbah di Perairan Pulau Tolop, Kepulauan Riau.

Kapal tanker ini tak memiliki dokumen yang sah. Penangkapan MT. Zodiac Star ini berawal dari laporan intelejen yang ditindaklanjuti oleh Lanal Batam dengan KAL NIPA I-4-57.

Kapal tanker yang berlayar di Perairan Indonesia tersebut tidak dilengkapi Surat Persetujuan (Port Clearence), mengangkut barang berbahaya  dan  barang khusus dengan tidak menyampaikan pemberitahuan serta hanya bisa menunjukan beberapa dokumen yang sudah kadaluarsa.

Atas pelanggaran tersebut, selanjutnya MT. Zodiac Star ditarik ke Pangkalan TNI AL (Lanal) Batam guna dilakukan penyelidikan lanjutan.

Baca Juga: Dukung Percepatan, Korps Marinir TNI AL Gelar Vaksinasi untuk 1.500 Warga Ciawi

“Hingga saat ini telah dilaksanakan proses pemeriksaan terhadap Nakhoda, para saksi dan ahli,  guna kelengkapan berita acara pemeriksaan sebelum diserahkan kepada pihak kejaksaan,” ungkap Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah.

Kapal berbendera Panama MT Zodiac Star diawaki 19 orang termasuk Nakhoda (DF), 18 berkewarganegaraan Indonesia dan satu ABK berkewarganegaraan Malaysia.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x