Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden AS Biden: Perang Selama 20 Tahun di Afghanistan Telah Berakhir!

Kompas.tv - 1 September 2021, 18:33 WIB
Penulis : Theo Reza

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Joe Biden berbicara kepada bangsanya tentang jalan ke depan setelah 20 tahun perang AS pada hari Selasa (31/8)

Biden yakin terkait penanganannya atas penarikan AS dari Afghanistan meski sempat terjadi kekacauan di Bandara Kabul

Biden mengatakan pemerintah AS telah menghubungi 19 kali sejak Maret sebelum pengumuman publiknya bahwa ia akan mengakhiri perang AS. Hal ini untuk mendorong semua warga Amerika di Afghanistan untuk pergi

Dia mengakui bahwa ada 100 - 200 orang tidak bisa keluar dari Afghanistan saat penarikan terakhir pada Senin kemarin.

Dia menegaskan bahwa pemerintahannya siap ketika pemerintah yang didukung AS di Kabul runtuh pada pertengahan Agustus dan Taliban mengambil alih.

Baca Juga: Taliban Resmi Mengatakan Ingin Hubungan Bersahabat dengan Amerika Serikat

Biden juga bersikeras dia tidak akan memperpanjang perang selamanya ini.

Pesawat angkut Angkatan Udara terakhir berangkat dari Kabul satu menit sebelum tengah malam Senin, menimbulkan pertanyaan tentang mengapa Biden tidak melanjutkan pengangkutan udara setidaknya untuk satu hari lagi.

Dia telah menetapkan Selasa sebagai batas waktu untuk mengakhiri evakuasi dan menarik pasukan yang tersisa setelah Taliban mengambil alih negara itu.

Ribuan tentara menghabiskan dua minggu yang mengerikan untuk melindungi pengangkutan udara warga Afghanistan, Amerika, dan lainnya yang berusaha melarikan diri dari negara yang kini diperintah oleh gerilyawan Taliban.

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x