Kompas TV internasional kompas dunia

Tunjukkan Resistensi terhadap Vaksin, WHO Pantau Ketat Mutasi Virus Corona Varian Baru

Kompas.tv - 1 September 2021, 18:04 WIB
tunjukkan-resistensi-terhadap-vaksin-who-pantau-ketat-mutasi-virus-corona-varian-baru
Gedung WHO di Jenewa Swiss. WHO mengatakan sedang memantau varian virus corona baru yang dikenal sebagai "Mu", yang pertama kali diidentifikasi di Kolombia pada Januari 2021. (Sumber: Xinhua/Chen Junxia)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JENEWA, KOMPAS.TV - Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengatakan sedang memantau varian virus corona baru yang dikenal sebagai "Mu", yang pertama kali diidentifikasi di Kolombia pada Januari 2021.

Mu, yang secara ilmiah dikenal sebagai B.1.621, diklasifikasikan sebagai "varian yang diminati" atau variant of interest, kata WHO hari Selasa (31/8/2021) dalam buletin pandemi mingguannya dan dilansir France24, Rabu (1/9/2021).

WHO mengatakan varian Mu memiliki mutasi yang menunjukkan risiko resistensi terhadap vaksin dan menekankan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahaminya.

"Varian Mu memiliki konstelasi mutasi yang menunjukkan sifat potensial untuk lolos dari kekebalan," kata buletin itu.

Ada kekhawatiran yang meluas atas munculnya mutasi virus baru karena tingkat infeksi kembali meningkat secara global, dengan varian Delta yang sangat menular – terutama di antara yang tidak divaksinasi – dan di wilayah di mana tindakan anti-virus telah dilonggarkan.

Baca Juga: Pesawat WHO Mendarat di Utara Afghanistan Bawa Obat-Obatan Darurat, Langsung Didistribusikan

Ilustrasi varian baru Covid-19 diumumkan WHO sebagai Variant of Interest. WHO mengatakan varian Mu memiliki mutasi yang menunjukkan risiko resistensi terhadap vaksin dan menekankan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahaminya. (Sumber: SHUTTERSTOCK/Lightspring)

Semua virus, termasuk SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19, bermutasi dari waktu ke waktu dan sebagian besar mutasi memiliki sedikit atau tidak berpengaruh pada sifat virus.

Tetapi mutasi tertentu dapat memengaruhi sifat virus dan memengaruhi seberapa mudah virus itu menyebar, tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkannya, dan ketahanannya terhadap vaksin, obat-obatan, dan tindakan pencegahan lainnya.

WHO saat ini mengidentifikasi empat varian Covid-19 yang menjadi perhatian, termasuk Alpha, yang hadir di 193 negara, dan Delta, yang hadir di 170 negara. Lima varian, termasuk Mu, harus dipantau.

Setelah terdeteksi di Kolombia, Mu telah dilaporkan di negara-negara Amerika Selatan lainnya dan di Eropa.

WHO mengatakan prevalensi globalnya telah menurun hingga di bawah 0,1 persen di antara kasus-kasus berurutan. Di Kolombia, bagaimanapun, itu adalah 39 persen.

 



Sumber : France24

BERITA LAINNYA



Close Ads x