Kompas TV nasional sosial

Makam Covid-19 di TPU Rorotan Ambles, Pemprov DKI Sebut Sudah Perbaiki

Kompas.tv - 1 September 2021, 14:21 WIB
makam-covid-19-di-tpu-rorotan-ambles-pemprov-dki-sebut-sudah-perbaiki
Tangkapan layar video pemakaman TPU Rorotan, unggahan instagram @alivikry, Rabu (7/7/2021) (Sumber: Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memperbaiki 10 petak makam yang ambles di TPU Rorotan, Jakarta Utara.

"Baru-baru ini terjadi, terdapat 10 petak makam yang amblas di sisi Timur, tapi kondisinya tidak parah dan petugas juga langsung merapikan petak makam tersebut," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati, melalui keterangan tertulis, Rabu (1/9/2021).

Melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, pemadatan tanah dan pengecekan secara rutin dilakukan untuk mengantisipasi lahan makam amblas.

"Setiap ada yang amblas, dengan segera kami rapikan kembali, langsung dipadatkan dan dibentuk petak makamnya," kata Susi. 

Baca Juga: TPU Rorotan Khusus Covid Ambles, Pemprov DKI akan Cari Solusi

Suzi menjelaskan, amblesnya makam bukan terjadi karena lahan makam adalah bekas rawa, namun, karena peti jenazah yang sudah mulai lapuk.

Sebagai antisipasi, pihaknya akan menambah dan memadatkan tanah di setiap petak makam. 

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, sempat mengatakan makam tersebut ambles karena disebabkan tanah TPU Rorotan yang sebelumnya merupakan tanah rawa. 

"Memang makam di Rorotan itu kan sebelumnya rawa, kemudian kami uruk, ternyata ada yang ambles," kata Riza, Senin (31/8/2021), malam. 

Suzi menegaskan, meskipun lahan makam adalah bekas rawa, tetapi sudah dilakukan pengurukan dan pemadatan tanah menggunakan alat berat sehingga potensi amblesnya kecil.

"Kami akan terus berupaya mengurangi kemungkinan potensi amblasnya tanah. Hal ini lumrah terjadi, bukan hanya pada pemakaman khusus Covid-19, tetapi juga pada pemakaman biasa, terutama yang menggunakan peti jenazah. Pengecekan lahan akan selalu rutin kami lakukan," ujarnya. 

Baca Juga: MRT Bantu Perluasan TPU Rorotan, akan Bangun Akses Jalan dan Pagar Pembatas Makam

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x