Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

TPST Bantargebang Dapat Suntikan Dana Sebesar Rp 4,3 Triliun untuk Kelola Sampah

Rabu, 1 September 2021 | 06:10 WIB
tpst-bantargebang-dapat-suntikan-dana-sebesar-rp-4-3-triliun-untuk-kelola-sampah
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama Presiden Direktur PT Kami Plant Indonesia Seung Ik Hyun menandatangani perjanjian kerja sama investasi pembangunan infrastruktur pengolahan sampah di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (31/8/2021). (Sumber: Kompas.tv/Ant)

BEKASI, KOMPAS.TV –  Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat,  menerima investasi sebesar Rp 4,3 triliun dari investor PT Kami Plant Indonesia dalam bentuk pembangunan infrastruktur pengolahan sampah terpadu di TPST Bantargebang.  Penandatanganan kontrak kerja sama antara keduanya di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, melalui momentum ini, rekanan pemerintah daerah itu dianggap sudah memenuhi prosedur administrasi seperti perizinan dan pengadaan lahan, serta pembangunan proyek yang dimaksud hingga selesai nanti.

"Proyek PT Kami Plant Indonesia ini merupakan proyek investasi swasta untuk pembangunan PLTSa yang sudah lama ditunggu-tunggu pemerintah Indonesia dengan total Investasi sebesar Rp 4,3 triliun," katanya usai penandatanganan kerja sama, Selasa (31/8/2021)

Pabrik pengolahan sampah ini rencananya akan dibangun di atas tanah seluas lima hektare. Pabrik ini disebut-sebut mampu melebur sampah dengan kapasitas 2.500 ton dalam sehari.

Baca Juga: Terhalang Sampah, Pencarian Pemuda Tenggelam di Kanal Banjir Barat Malam Ini Hanya dari Jalur Darat

Rahmat mengungkapkan, proyek ini adalah suatu kebanggaan bagi Kota Bekasi sebab merupakan langkah pertama menuju bisnis yang sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk menghasilkan energi baru.

Presiden Direktur PT Kami Plant Indonesia Seung Ik Hyun mengatakan, pihaknya secara aktif bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bekasi dan sepenuhnya akan mematuhi semua prosedur sesuai dengan hukum di Indonesia, bertanggung jawab, serta menyajikan hasil yang aman dan sempurna.

"Kita juga berencana untuk membangun PLTSa yang dapat menangani lebih dari 20.000 ton sampah per hari di wilayah di Indonesia, dimulai dengan Kota Bekasi. Sedang kami diskusikan rencana itu dengan para investor lain," terangnya.

Baca Juga: Leonardo DiCaprio Lagi-lagi Soroti Sampah Jakarta di TPST Bantargebang

 

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19