Kompas TV internasional kompas dunia

Sudah Tidak Ada Suara Musik dan Perdebatan di Udara Afghanistan, Hanya Kesunyian Tersisa

Kompas.tv - 31 Agustus 2021, 22:45 WIB
sudah-tidak-ada-suara-musik-dan-perdebatan-di-udara-afghanistan-hanya-kesunyian-tersisa
Program musik dan program politik, budaya dan berita yang tidak terkait dengan masalah agama, menghilang dari dunia publik Afghanistan. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ISLAMABAD, KOMPAS.TV - Bahkan sebelum penerbangan terakhir Amerika Serikat (AS) meninggalkan Kabul pada Senin (30/8/2021) tengah malam, banyak pemandangan mencolok dan suara kehidupan kota di Afghanistan mulai berubah dan menyesuaikan diri dengan keadaan yang sama sekali baru.

Sepeninggal warga yang memilih untuk keluar dari Afghanistan, mereka yang tertinggal berusaha menyesuaikan diri dengan gaya tegas pemerintah baru mereka, Taliban.

Taliban sejauh ini berusaha menunjukkan wajah yang lebih sejuk kepada dunia.

Tak ada hukuman keras dipertontonkan di depan publik dan tak ada larangan menggelar hiburan rakyat seperti yang mereka terapkan saat berkuasa dulu, sebelum digulingkan pasukan Sekutu pada 2001.

Kegiatan budaya diperbolehkan, kata Taliban, sejauh tidak melanggar hukum Syariat dan budaya Islam Afghanistan.

Otoritas Taliban di Kandahar, kota kelahiran gerakan itu, menerbitkan perintah formal pekan lalu yang melarang stasiun radio memutar musik dan suara penyiar perempuan.

Namun bagi kebanyakan orang, tidak perlu perintah formal untuk melakukan itu.

Reklame warna-warni di depan salon-salon kecantikan sudah dicat ulang dan jeans telah diganti dengan pakaian tradisional. Stasiun radio pun mengubah menu siaran mereka dengan musik pop Hindi dan Persia, yang terdengar seperti musik patriotik yang muram.

"Bukan karena Taliban memerintahkan kami mengubah apa pun. Kami mengganti program sekarang karena kami tidak ingin Taliban memaksa kami berhenti siaran," kata Khalid Sediqqi, produser stasiun radio swasta di Kota Ghezni.

"Lagi pula, tak seorang pun di negara ini berminat mencari hiburan, (karena) kami semua sedang syok," kata dia.

"Saya malah tak yakin ada orang yang menyalakan radio sekarang."

Baca Juga: Inilah yang Terbentang di Depan Afghanistan setelah Taliban Kembali Berkuasa

Kelompok Taliban melakukan patroli di Kabul, Sabtu (28/8/2021). Anggotanya dikabarkan telah membunuh seorang penyanyi tradisional, Fawad Andarabi. (Sumber: AP Photo/Khwaja Tawfiq Sediqi)

Selama 20 tahun hidup di bawah pemerintah dukungan Barat, budaya populer tumbuh di Kabul dan kota-kota lain yang diwarnai kemunculan tempat kebugaran, minuman berenergi, gaya rambut kekinian dan lagu-lagu pop yang memancing orang untuk berdendang dan berdansa.



Sumber : The Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x