Kompas TV internasional kompas dunia

Ungkit Pembuatan Film The Kite Runner, Xinjiang Sindir AS soal Kondisi Afghanistan

Kompas.tv - 31 Agustus 2021, 22:51 WIB
ungkit-pembuatan-film-the-kite-runner-xinjiang-sindir-as-soal-kondisi-afghanistan
Cuplikan film The Kite Runner. (Sumber: Paramount Movies)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

BEIJING, KOMPAS.TV - Pemerintah Daerah Otonomi Xinjiang, China menyindir Amerika Serikat (AS) soal kondisi di Afghanistan melalui film The Kite Runner.

Juru bicara Pemerintah Daerah Otonomi Xinjiang Xu Guixiang menyinggung lokasi pembuatan film adaptasi novel karya penulis asal AS keturunan Afghanistan, Khaled Hosseini tersebut.

Xu mengungkapkan, film drama buatan AS yang dirilis pada 2007 itu mengambil lokasi syuting di Kota Kashgar dan Kabupaten Taxkorgan, Xinjiang.

"Betapa sulitnya mendapatkan tempat yang cocok di Afghanistan untuk film tersebut, (hingga akhirnya) mereka memilih Xinjiang," kata Xu seraya menunjukan dua potongan gambar film itu ke awak media lokal dan asing, Senin (30/8/2021).

Baca Juga: Xinjiang Tertarik Tawaran Kerja Sama Pendidikan Islam dari Indonesia

Kini, saat kondisi di Afghanistan menjadi sorotan dunia, film The Kite Runner ikut terseret hingga banyak diperbincangkan oleh pengguna media sosial di China.

Mereka membandingkan situasi porak-poranda di Kabul, Afghanistan dengan situasi damai di Kota Kashgar, Xinjiang yang terpisah sejauh 300 kilometer.

Xu membeberkan, salah satu adegan film tersebut yang berlokasi di Kabupaten Taxkorgan, Xinjiang yakni ketika dua tokoh utamanya, Amir dan Hassan, bermain di bawah pohon delima.

Menurut Xu, dipilihnya dua daerah di Xinjiang sebagai lokasi pengambilan gambar untuk film tersebut sudah membuktikan bahwa AS hanya memberikan kerusakan parah bagi Afghanistan.

Baca Juga: Bukan Main, China Resmi Buka Jalan Tol Sepanjang 2.500 kilometer Sambungkan Beijing dengan Xinjiang

"Ironis, AS yang mengawali perang di Afghanistan untuk memberangus terorisme, namun tidak membantu rakyat Afghanistan. Lalu apa yang dibawa ke Afghanistan?" ketus anggota Partai Komunis China (CPC) Xinjiang itu.

"Bahkan, tidak ada tempat untuk pembuatan film (The Kite Runner) di Afghanistan. Tapi AS malah munuduh kami mengabaikan stabilitas keamanan dan melakukan pelanggaran HAM di Xinjiang," cecar Xu.

Dengan tegas, Xu pun mengatakan bahwa pihaknya tidak mengambil pusing tuduhan itu dan sebaliknya akan terus memelihara stabilitas dan perdamaian di Xinjiang.

Seperti yang diketahui, film The Kite Runner menceritakan tentang rasa bersalah Amir, seorang anak laki-laki dari Distrik Wazir Akbar Khan, Kabul, Afghanistan, kepada sahabatnya, Hassan.

Amir meninggalkan Hassan saat Afghanistan dilanda berbagai kekacauan akibat eksodus besar-besaran pengungsi ke Pakistan dan AS, hingga kebangkitan Taliban.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.