Kompas TV regional berita daerah

Bupati Jember Minta Maaf Terkait Honor Pemakaman Korban Covid-19 dan akan Evaluasi Regulasi

Kompas.tv - 31 Agustus 2021, 16:59 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Bupati Jember Jawa Timur, Hendy Siswanto menyampaikan permohonan maaf terkait honor pemakaman jenazah pasien Covid-19 senilai 282  juta rupiah yang sempat diterimanya bersama tiga pejabat bawahannya.

Permintaan maaf secara terbuka tersebut disampaikan Bupati Jember, Hendy Siswanto saat menghadiri sidang paripurna penyampaian nota pengantar rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2021 - 2026 di gedung DPRD Jember, pada Senin (30/8/2021).

Permintaan maaf disampaikan di hadapan peserta sidang paripurna dan juga untuk masyarakat Jember, serta seluruh rakyat Indonesia.

Permintaan maaf dilakukan karena dirinya beserta 3 pejabat lainnya telah membuat gaduh dengan menerima honor pemakaman jenazah pasien Covid-19. Masing-masing mendapatkan 70,5 juta rupiah dan total 828 juta.  

Hendy Siswanto menyadari bahwa honor tersebut melukai hati rakyat Jember. Ia dan 3 pejabat lainnya telah mengembalikan honor tersebut ke kas daerah untuk selanjutnya digunakan penanganan Covid-19 yang lebih penting.

Baca Juga: Tanggapan Menko PMK Muhadjir Effendy Soal Honor Pemakaman Covid Bagi Pejabat Daerah

Hendy siswanto juga menyampaikan terima kasih atas masukan, saran dan kritik dari masyarakat. Ia akan mengevaluasi seluruh regulasi yang mengatur tentang honor bagi pejabat, mulai dari keputusan bupati hingga peraturan bupati.

Evaluasi akan mengedepankan asas kepatutan dan kepantasan, sehingga kedepan penggunaan anggaran sesuai dengan etika dan moral.

“Saya sudah perintahkan kepada jajaran birokrasi, agar semua SK dan Perbup yang tidak pantas dan tidak patut, sekali lagi harus dievaluasi total. Atas semua itu, mari kita semua tetap istiqomah, dan penuh komitmen membangun Jember sesuai aturan hukum dan asas moralitas,” terang dia.

Baca Juga: Pejabat Terima Honor Pemakaman Corona Seakan Tidak Peka Krisis

Hendy Siswanto tidak ingin ada kejadian serupa kedepan, dimana pejabat menerima honor dari penanganan Covid-19, terutama pemakaman jenazah Covid-19.

Hendy juga akan mengevaluasi kinerja birokrasi di semua lini di bawah  kepemimpinannya. Tujuannya agar jangan sampai ada pejabat yang bermain-main dengan honor yang tidak pantas.

 

#BupatiJember #HonorPemakamanKorbanCovid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.