Kompas TV video cerita indonesia

Untung Besar! Budidaya Kelinci Peluang Usaha Saat Pandemi

Kompas.tv - 31 Agustus 2021, 22:00 WIB
Penulis : Herwanto

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Permintaan bibit kelinci di Palembang meningkat di saat pandemi covid-19.  Ia menyebutkan permintaan bibit kelinci per minggu bisa mencapai 100 ekor.

"Di masa pandemi tidak mengurangi minat untuk ternak kelinci, bahkan semakin banyak. Mungkin mereka yang terkena PHK ingin mencoba ternak kelinci dari pada menganggur dan ternak kelinci memang menjanjikan," katanya.
 
Menurut dia, menjual kelinci sekarang sangat mudah kalau ada bibit yang bagus, melalui model online (daring). Mereka yang pesan tidak hanya dari sekitar Magelang saja, tetapi bisa luar daerah atau luar provinsi.
 
Ia menyebutkan jenis yang diternak 95 persen jenis New Zealand white, untuk harga kelinci asli keturunan New Zealand induk sekitar Rp3 juta per pasang, kalau anakan umur 78 hari sekitar Rp1 juta hingga Rp1,5 juta per pasang.
 
Kemudian untuk tipe kedua B cross atau hasil persilangan harga indukan Rp800 ribu hingga Rp900 ribu per pasang dan anakan sekitar Rp350 ribu per pasang. Selanjutnya tipe lokal New Zealand atau sudah lama bermukim di sini tetapi tetap generasi dari New Zealand lebih murah indukan rata-rata Rp300 rubu hingga Rp400 ribu per pasang dan anakan sekitar Rp150 ribu hingga Rp200 ribu per pasang.
 
Ia menyampaikan beternak kelinci sekarang lebih mudah, karena sudah tersedia pakan berupa pelet, sehingga tidak perlu mencari rumput.
 
"Di pasar banyak tersedia pelet untuk kelinci yang kebutuahan proteinnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan protein kelinci, sekitar 17-18 persen protein nabati bukan hewani," katanya.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.