Kompas TV nasional kesehatan

IDI Minta Warga Waspadai Penyakit Infeksi Lain Selain Covid-19

Kompas.tv - 31 Agustus 2021, 14:47 WIB
idi-minta-warga-waspadai-penyakit-infeksi-lain-selain-covid-19
Nyamuk Aedes aegypti, nyamuk pembawa virus penyebab penyakit demam berdarah. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M. Faqih memperingkatkan adanya sejumlah penyakit infeksi lain selain Covid-19 yang tingkat kasusnya tinggi dan perlu diwaspadai oleh masyarakat. Khususnya menjelang musim hujan.

"Jelang musim hujan ada penyakit infeksi seperti demam berdarah yang jumlah kasusnya banyak dan tingkat kematiannya masih tinggi sekali," ujar Daeng dikutip dari Antara, pada Selasa (31/08/2021)

Selain demam berdarah, Daeng menyebutkan penyakit infeksi lain seperti tubercolosis atau TBC dan HIV juga memiliki tingkat kasus yang tinggi di Indonesia, bahkan jumlah kasusnya menduduki rangking lima besar di dunia.

"Ini belum termasuk beberapa penyakit yang sudah kita coba eradikasi seperti polio, namun, di beberapa wilayah kasusnya masih tetap muncul ke permukaan," kata Daeng.

Baca Juga: Yuk, Coba Minum Air Rebusan Jahe Saat Sahur, Banyak Khasiatnya Lho

Angka kasus penyakit infeksi yang masih tinggi mematahkan pernyataan para pakar bahwa penyakit infeksi di Indonesia telah mengalami banyak penurunan dan banyak kasus mengarah pada penyakit gaya hidup.

Penyakit gaya hidup ini adalah jenis penyakit tidak menular, yang umumnya disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik, makan yang tidak sehat, konsumsi alkohol berlebihan, konsumsi narkoba, dan merokok.

"Tapi kenyataannya penyakit infeksi ini masih banyak, tidak hilang juga, malah bertambah penyakit akibat pandemi corona. Ini harus diperhatikan oleh masyarakat supaya lebih waspada," kata Daeng.

Pandemi, saat ini, membuat permasalahan kesehatan di Indonesia semakin rumit dan tatanannya menjadi semakin besar, baik penyakit infeksi maupun gaya hidup.

Baca Juga: Selama Pandemi, 10 Anggota DPR Wafat Akibat Covid-19

Daeng mengingatkan ada empat hal yang harus kita jaga supaya tidak mudah sakit apalagi di masa pandemi saat ini.

"Pertama adalah perilaku, kemudian lingkungan, lalu daya tahan tubuh dan terakhir pelayanan kesehatan," ujar Daeng.

Daeng menekankan pentingnya perilaku bersih sehat seperti mandi dan cuci tangan. Ia juga menyarankan penggunaan sabun antiseptik yang bisa digunakan untuk membantu mengurangi mikroorganisme jahat yang mengganggu kesehatan kita.

"Yang kedua adalah faktor lingkungan, dengan mensanitasi dan disinfeksi lingkungan rumah, lingkungan kerja, bahkan lingkungan belanja supaya virus-virus itu tidak bertebaran," ujar Daeng.

Kebersihan rumah juga perlu diperhatikan mengingat tingginya kluster keluarga. 

Selain itu Daeng mengingatkan untuk terus menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjauhi kerumunan.



Sumber : Kompas TV/ANTARA

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.