Kompas TV regional berita daerah

Waspada Covid, Pengendara dan Awak Bus Dites Usap

Kompas.tv - 31 Agustus 2021, 13:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Tim satgas gabungan Covid-19 yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, menggelar tes swab bagi para pengendara sepeda motor. Semua pengendara sepeda motor dihentikan dan diminta mengikuti tes swab antigen.

Akibat banyaknya pengendara yang harus mengikuti tes antigen mendadak ini, sempat terjadi kerumunan hingga petugaspun harus berkali-kali memberi peringatan.

Tes swab antigen massal yang dilakukan secara acak ini pada Senin (30/8/2021) siang, setidaknya menyasar 500 lebih pengendara. Sebelumnya tes secara acak ini biasa dilakukan petugas gabungan pada malam hari.

"Kegiatan pagi ini, ini baru pertama kali kita lakukan tes swab secara acak untuk masyarakat yang dilakukan pada pagi hari. Biasanya kita malam terus, alhamdulillah , malam selama kita lakukan di monumen, di Pringlangu alhamdulillah semuanya kondusif, dalam arti dari 200 paling cuma 1, dari 300 hanya 2 yang reaktif. Ini mudah-mudahan yang kita lakukan pada siang ini, kita juga mengontrol, apakah benar selama data yang kita lakukan acak secara malam itu siangnya juga singkron," kata HA Afzan Arslan Djunaid, Wali Kota Pekalongan.

Selain menyasar pengendara motor, sasaran lain adalah awak dan penumpang bus di Terminal Kajen, Kabupaten Pekalongan.  Setidaknya ada 49 awak bus dan penumpang yang mengikuti tes usap antigen. Kegiatan tim satgas Covid-19 yang dimotori oleh Polres Pekalongan bersama TNI dan dinas kesehatan itu merupakan upaya penanganan dan pencegahan virus korona.

"Mungkin akan dilanjutkan untuk hari-hari berikutnya. Ini semua tentunya dalam rangka untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang ada di kabupaten Pekalongan, yang sampai hari ini masih dilevel tiga," ujar Kompol Agus Sulis, Kabagops Polres Pekalongan.

Dari hasil tes usap terhadap 49 awak dan penumpang bus, semuanya hasilnya negatif Covid-19. Diharapkan dengan semakin rendahnya angka pasien covid, kota dan kabupaten pekalongan bisa segera menjadi zona hijau, sehingga aktifitas masyarakat bisa normal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

#tesswab #pekalongan #haafzanarslandjunaid
 



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x