Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Instruksikan Vaksinasi Covid-19 Pelajar dan Santri Digelar Besar-besaran

Kompas.tv - 31 Agustus 2021, 13:32 WIB
jokowi-instruksikan-vaksinasi-covid-19-pelajar-dan-santri-digelar-besar-besaran
Presiden RI Joko Widodo (Sumber: Dok. Sekretariat Kabinet RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

CIANJUR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan untuk melakukan vaksinasi besar-besaran kepada pelajar dan santri.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi setelah meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di di SMAN 1 Beber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (31/8/2021).

"Saya juga sudah perintahkan agar kegiatan vaksinasi bagi pelajar dan santri ini dilakukan secara besar-besaran, masif, terutama di daerah-daerah yang tingkat penyebaran Covid-nya, penularan Covid-nya tinggi," kata Jokowi. 

Sehingga, lanjut Presiden, semakin banyak pelajar dan santri yang mendapatkan vaksinasi, maka penularan Covid-19 utamanya varian Delta bisa dikendalikan.

Jokowi juga berharap vaksin Covid-19 dapat melindungi para pelajar dan santri jelang dimulainya pembelajaran tatap muka pada awal September nanti. 

"Kita harapkan ini memberikan perlindungan, memberikan proteksi kepada pelajar dan para santri untuk mempersiapkan rencana pembelajaran tatap muka yang Insya Allah akan dimulai nanti awal September atau minggu depan," ujarnya. 

Pada peninjauan tersebut, Jokowi mengaku sempat berinteraksi dengan para pelajar dan santri mengenai keinginan dilaksanakannya pembelajaran tatap muka di sekolah.

Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo ini mengatakan banyak di antara mereka yang menyatakan ingin kembali melakukan pembelajaran tatap muka.

Kendati demikian, Jokowi mengingatkan agar sekolah tatap muka dapat dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

Baca Juga: Kunjungi Cirebon dan Kuningan, Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Hingga Resmikan Bendungan

“Tapi tentu saja kalau sudah dimulai pembelajaran tatap muka, saya berharap anak-anak tetap harus disiplin menjaga protokol kesehatan,” ujarnya. 

Tak hanya itu, kepala negara ini juga meminta seluruh pihak dapat mengikuti dan mendukung program vaksinasi Covid-19 yang sedang dijalankan oleh pemerintah.

“Ayo kita semuanya pakai masker, dan cepat-cepat kita semuanya ayo menuju ke (sentra) vaksinasi, minta vaksinasi, segera divaksin,” kata dia. 

Melansir dari laman Sekretariat Kabinet, peninjauan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk para pelajar di SMA Negeri 1 Beber ini merupakan salah satu agenda kunjungan kerja Jokowi di Cirebon dan Kuningan pada hari ini. 

Setelah kunjungan itu, Jokowi beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Kuningan, tepatnya Kampung Tonjong.

Selanjutnya, Kepala Negara diagendakan menuju Pondok Pesantren Miftahul Falah, untuk meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi para santri. 

Selain meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19, Jokowi juga akan memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Jawa Barat yang rencananya digelar di Pendopo Kabupaten Kuningan.

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Kuningan, Presiden akan meresmikan Bendungan Kuningan sebelum kembali ke Jakarta pada sore harinya.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi Pintu ke Pintu, Jokowi Minta Masyarakat Tetap Disiplin Prokes dan Secepatnya Vaksin



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x