Kompas TV internasional kompas dunia

Taliban Lepaskan Tembakan, Rayakan Penarikan Pasukan AS

Kompas.tv - 31 Agustus 2021, 09:55 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Suara tembakan terdengar di jalan-jalan Kabul pada Senin (30/8/2021) malam, saat AS menyelesaikan penarikannya dari Afghanistan.

Penarikan itu menandai berakhirnya perang terpanjang Amerika dan menutup babak dalam sejarah militer.

APTN merilis Presiden Joe Biden menutup angkutan udara terakhir, dan dengan demikian mengakhiri perang AS, pesawat angkut Angkatan Udara membawa kontingen pasukan yang tersisa dari bandara Kabul.

Baca Juga: Taliban Kembali Berkuasa, Mantan Jenderal Top Afghanistan Merasa Dikhianati Biden, Trump dan Ghani

Lebih dari 180 warga Afghanistan dan 13 anggota militer AS telah menjadi korban atas ledakan bom bunuh diri oleh ISIS-K beberapa hari lalu.

Ribuan tentara telah menghabiskan dua minggu yang mengerikan untuk melindungi evakuasi dari puluhan ribu warga Afghanistan, Amerika, dan lainnya.

Dalam mengumumkan selesainya evakuasi dan upaya perang Jenderal Frank McKenzie, kepala Komando Pusat AS, mengatakan pesawat terakhir lepas landas dari bandara Kabul pada pukul 15:29 waktu Washington, atau satu menit sebelum tengah malam di Kabul.

Mckenzie tak menutup kenyataan bahwa masih ada warga AS di negara itu, namun AS akan berupaya untuk mengevakuasi warganya dari Afghanistan.

Video Editor: Galih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x