Kompas TV regional berita daerah

Lahan Tidur Disewa Jadi Kebun Cabe Rawit

Kompas.tv - 30 Agustus 2021, 17:32 WIB
Penulis : KompasTV Manado

KOTAMOBAGU, KOMPAS.TV- Untuk tetap berpenghasilan di masa pandemi COVID-19, petani di kota Kotamobagu-Sulawesi Utara, menyulap lahan tidur menjadi kebun cabe rawit. Sekali panen petani bisa meraup keuntungan hingga tujuh juta rupiah perminggu.

Salah satunya Lukman Nur, warga Kelurahan Matali Kecamatan Kotamobagu Timur, berawal dari berdiskusi dengan sesama teman temannya di komunitas Mareta Totabuan, dia  kini bisa meningkatkan penghasilan keluarganya meski ditengah masa pandemi COVID-19.

Dengan memanfaatkan lahan tidur yang sewa dari tetanganya berukuran 30x40 meter, Lukman menyulapnya menjadi kebun untuk budidaya cabe rawit.

Dilahan ini Lukman menanam cabe rawit sebanyak delapan ratus pohon  dengan sekali panen bobot cabe rawit yang dihasilkan sebanyak seratus kilo gram hingga seratus dua puluh kilo gram, dengan keuntungan per minggu  tujuh juta rupiah.

Rata-rata pedagang cabe rawit di pasar tradisional Kotamobagu datang di kebunnya untuk membeli cabe rawit dan  di jual kembali, sehingga Lukman, tidak jauh-jauh lagi memasarkan hasil panen cabe rawitnya.

Semangat dan kerja keras Lukman Nur tentunya bisa menjadi contoh dan sumber inspirasi bagi orang lain, sebab meski di tengah masa pandemi COVID-19 saat ini, lukman tetap berpenghasilan untuk membiayai anggota keluarganya.

Dengan adanya budidaya cabe rawit didepan rumahnya, tidak hanya memberi keberkahan bagi Lukman, namun membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar sebab setiap kali panen, warga datang untuk memetik dan di upah sesuai dengan hasil yang di petik.

#kompastvmanado #inovasi #pandemi

Rahman Rahim Kompas tv Kotamobagu

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.