Kompas TV regional berita daerah

Lahan Tidur Disewa Jadi Kebun Cabe Rawit

Senin, 30 Agustus 2021 | 17:32 WIB

KOTAMOBAGU, KOMPAS.TV- Untuk tetap berpenghasilan di masa pandemi COVID-19, petani di kota Kotamobagu-Sulawesi Utara, menyulap lahan tidur menjadi kebun cabe rawit. Sekali panen petani bisa meraup keuntungan hingga tujuh juta rupiah perminggu.

Salah satunya Lukman Nur, warga Kelurahan Matali Kecamatan Kotamobagu Timur, berawal dari berdiskusi dengan sesama teman temannya di komunitas Mareta Totabuan, dia  kini bisa meningkatkan penghasilan keluarganya meski ditengah masa pandemi COVID-19.

Dengan memanfaatkan lahan tidur yang sewa dari tetanganya berukuran 30x40 meter, Lukman menyulapnya menjadi kebun untuk budidaya cabe rawit.

Dilahan ini Lukman menanam cabe rawit sebanyak delapan ratus pohon  dengan sekali panen bobot cabe rawit yang dihasilkan sebanyak seratus kilo gram hingga seratus dua puluh kilo gram, dengan keuntungan per minggu  tujuh juta rupiah.

Rata-rata pedagang cabe rawit di pasar tradisional Kotamobagu datang di kebunnya untuk membeli cabe rawit dan  di jual kembali, sehingga Lukman, tidak jauh-jauh lagi memasarkan hasil panen cabe rawitnya.

Semangat dan kerja keras Lukman Nur tentunya bisa menjadi contoh dan sumber inspirasi bagi orang lain, sebab meski di tengah masa pandemi COVID-19 saat ini, lukman tetap berpenghasilan untuk membiayai anggota keluarganya.

Dengan adanya budidaya cabe rawit didepan rumahnya, tidak hanya memberi keberkahan bagi Lukman, namun membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar sebab setiap kali panen, warga datang untuk memetik dan di upah sesuai dengan hasil yang di petik.

#kompastvmanado #inovasi #pandemi

Rahman Rahim Kompas tv Kotamobagu

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

Penulis : KompasTV Manado

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Kesehatan

Apa Itu Psikopat? Kenali 8 Gejalanya

Senin, 18 Oktober 2021 | 16:11 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:13
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19